Selasa 16 Aug 2016 04:32 WIB
Merdeka di Era Digital

Jualan Tanpa Toko Tapi Omzet Naik 3 Kali Lipat, Begini Cara UMKM di Era Digital

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Android Marketplace

Meskipun masih terkendala bahan baku, Fitri mengatakan, marketplace sangat membantu kegiatan promosi terutama bagi UKM yang masih merintis. Apalagi, di era digital ini rata-rata konsumen lebih suka berbelanja melalui platform online karena aksesnya lebih mudah, menghemat waktu, dan harganya cenderung lebih murah. Manfaat lain yang dirasakan oleh Fitri yakni dapat menekan ongkos produksi, karena dia tidak perlu membayar sewa tempat atau outlet untuk berjualan.

Berjualan di marketplace tidak dipungut biaya apapun, asalkan sudah terdaftar sebagai anggota. Menurut Fitri, marketplace hanya mengambil fee apabila barang produksi pelaku UKM yang bersangkutan sudah terjual. Apabila produk belum terjual, maka pelaku UKM tidak perlu khawatir dikenakan biaya tambahan.

“Jadi saya nggak perlu ketar-ketir mikirin barang belum terjual, tapi ada tuntutan untuk bayar sewa tempat atau outlet. Di marketplace ini, saya jadi bisa fokus memikirkan perkembangan produk,” kata Fitri.

Menurut Fitri, marketplace sangat membantu pelaku UKM terutama yang masih pemula. Sebab, pelaku UKM pemula tidak perlu memikirkan biaya untuk promosi. Cara bergabung di marketplace juga cukup mudah, hanya menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nomer rekening bank. Selain itu, marketplace juga tidak menerapkan target penjualan tertentu dan tidak ada batas kontrak. Namun, Fitri tidak memungkiri ada pula marketplace yang menerapkan kebijakan persyaratan tertentu seperti, apabila tidak melakukan update produk dalam kurun waktu tiga bulan maka validasi produknya akan terhapus.

Fitri mengatakan, keberadaan marketplace justru dapat menekan laju inflasi karena penjual tidak perlu menambah harga jual produk dari komponen biaya sewa tempat atau outlet, sehingga akhirnya penjual bisa menjual produk dengan harga murah. Apabila harga lebih murah maka dapat terjangkau oleh masyarakat dan inflasi bisa terjaga. Kemudian, pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebab daya beli masyarakat menjadi kuat.

Menurut Fitri, marketplace juga memiliki fungsi lain yakni memotong rantai distribusi sebab pembeli langsung berinteraksi kepada penjual. Selain di marketplace, Fitri juga menjual produknya di Instagram dengan nama akun babyho.shoes.

Baca juga: Muda-Mudi Bergaji Tinggi Tanpa Perlu Pergi Pagi Pulang Pagi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement