Ahad 14 Aug 2016 15:31 WIB

Adi Sasono Dimakamkan Secara Militer

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andi Nur Aminah
Prosesi pemakaman jenazah Adi Sasono secara militer di Pemakaman Tanah Kusir, Jakarta, Ahad (14/8). (Republika/Agung Supriyanto)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Prosesi pemakaman jenazah Adi Sasono secara militer di Pemakaman Tanah Kusir, Jakarta, Ahad (14/8). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengan (UKM), Adi Sasono, dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Ahad (14/8). Adi Sasono, yang meninggal dunia lantaran sakit itu, dimakamkan secara militer.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pemakaman itu dihadiri ratusan pelayat. Termasuk kehadiran sejumlah tokoh nasional, yaitu Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua Umum ICMI, Muslimin Nasution, dan tokoh agama, Quraish Shihab.

Pemakaman Komisaris Utama PT Republika Media Mandiri itu berlangsung khidmat. Upacara pemakaman Adi Sasono pun diiringi dengan rintik-rintik hujan gerimis yang membahasi kompleks pemakaman Tanah Kusir. Menteri Koperasi dan UKM dimakamkan di Blok AA1, Kompleks Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Ada yang berbeda dalam upacara pemakaman Adi Sasono tersebut. Meski sebagai warga sipil, pemakaman mantan Sekretaris Jenderal Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia itu dilaksanakan secara militer. Hal ini tidak terlepas dari bintang jasa yang pernah diterima oleh Adi Sasono.

Adi memang pernah tercatat mendapatkan penghargaan dari Pemerintah berupa Bintang Mahaputera Adiprana, tepatnya pada 13 Agustus lewat Keppres No.076/TK/TH.1999. Penghargaan ini didapat Adi lantaran dianggap berjasa dalam pengembangan koperasi dan UKM. Bintang Mahaputera Adiprana merupakan tanda kehormatan tertinggi setelah tanda kehormatan Bintang Republik Indonesia.

Selayaknya upacara militer, pemakaman Adi Sasono ini pun dilengkapi tembakan salvo sebanyak satu kali. Selain itu, ada 19 prajurit kehormatan TNI dari Garnisun Tetap (Gartap) I Jakarta. Pemakaman secara militer ini merupakan bentuk kehormatan yang diberikan negara kepada Adi Sasono.

"Ini sebagai penghormatan atas jasa, tugas, dan pengabdian almarhum kepada negara," ujar Sekretaris Kemenko UKM dan Koperasi, Agus Muharam, yang bertindak selaku inspektur upacara pemakaman Adi Sasono tersebut.

Agus, selaku wakil dari Pemerintah, juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan jasa yang diberikan Adi Sasono. Agus pun berharap, semua semangat pengabdian dan perjuangan yang ditunjukan Adi Sasono dapat diteruskan oleh bangsa Indonesia. "Semoga semangat dan perjuangan beliau dapat kami teruskan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement