Ahad 14 Aug 2016 07:59 WIB

Turis Israel Plesir ke Bali? Kemenlu tak Punya Informasi

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Achmad Syalaby
Bendera Israel dikibarkan warga.
Foto: Reuters
Bendera Israel dikibarkan warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah pesan Whatsapp tersebar secara viral yang menginformasikan adanya 28 warna negara Israel mendarat di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali  dari Makasar dalam rangka wisata.

Saat dikonfirmasi, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengaku tidak mengetahui kabar tersebut. Alasannya, kunjungan warga negara asing berada di bawah kewenangan pihak imigrasi yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM. "Saya tidak memiliki informasi itu. Yang mengetahui siapa yang masuk ke Indonesia untuk wisata, adalah imigrasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Armanatha Nasir, Ahad (14/8).

Pria yang lebih akrab disapa Tata itu melanjutkan, hal serupa juga menjadi kewenangan Imigrasi Israel yang mengetahui kunjungan wisatawan Indonesia ke negara itu.Sebelumnya, pada Jumat (13/8) lalu tersebar kabar yang menginformasikan,  sekitar pukul 21.09 Wita telah mendarat rombongan wisatawan asing asal Israel berjumlah 28 orang melalui Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-621 dari Makasar dalam rangka wisata. 

Adapun nama-nama 28 orang wisatawan WNA asal Israel sebagai berikut :

a. Mr. Kedem Nissin. 

b. Mrs. Volkman Iris.

c. Mr. Litmanivich Itzhak.

d. Mr. Taary David.

e. Mrs. Taary Serena.

f. Mr. Inbar Sasson.

g. Mrs. Inbar Yeal.

h. Mr. Itzhar Belachovsky Michael.

i. Mrs.  Zoran Hila.

j. Mr. Zoran Oded.

k. Mrs. Alyagon Irit.

l. Mrs. Shiff Shoshana.

m. Mrs. Meiri Sara. 

n. Mr. Meiri Tuvia.

o. Mr. Saar Elazar. 

p. Mrs. Shuali Saar Nurit.

q. Mr. Harel Zvi.

r. Mrs. Harel Smadar.

s. Mr. Epelman Aaron.

t. Mrs. Epelman Dalia Mirta.

u. Mrs. Chamish Rachel.

v. Mr. Chamish Yigal.

w. Mrs. Brill Shulamit.

x. Mr. Zafir Yari.

y. Mrs. Tidhar Hanna.

z. Mr. Tidhar Michael John.

aa. Mrs. Zafir Sara.

bb. Mrs. Segev Geb. Keller Edna.

Pesan tersebut juga menginformasikan, selama berada di Bali, 28 wisatawan WNA asal Israel itu, menginap di Hotel Kamandanu Ubud Gianyar. Rencananya, pada  Jumat pukul 21.45 Wita, romnongan itu akan meninggalkan Bali menggunakan pesawat Singapura Airlines SQ-949 menuju Singapura.

Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel karena masalah pendudukan Palestina.Penjajahan Israel di Palestina dipandang bertentangan dengan pembukaan UUD 1945 yang mengatakan secara eksplisit bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement