Sabtu 13 Aug 2016 18:38 WIB

Gerakan 1.000 Startup Digital Diluncurkan di Yogya

Rep: Yulianingsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Startup. Ilustrasi
Foto: expertbeacon.com
Startup. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara meluncurkan gerakan 1.000 startup digital di Yogyakarta, Sabtu (13/8). Gerakan ini upaya menumbuhkan ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia. "Gerakan ini milik masyarakat Indonesia terutama anak muda agar terbentuk ekosistem starup digital yang ideal," ujar Menkominfo.

Diakuinya, gerakan ini diharapkan akan memicu lahirnya kolaborasi dari setiap stakeholder yang ada, mulai dari pemerintah, komunitas, media, akademisi dan pelaku bisnis. Dengan begitu diharapkan akan semakin banyak bermunculan starup digital yang secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Karena melalui gerakan ini diharapkan akan muncul juga 1.000 perusahaan baru berbasis digital dimana anak muda sebagai motor penggeraknya.

Yogyakarta sendiri dipilih sebagai salah satu kota untuk peluncuran program ini karena kota ini menurut Rudiantara, memiliki pertumbuhan starup digital cukup besar setiap tahunnya. Mengutip data Jogja Digital Valley Yogyakarta mencatat ada 190 startup digital dengan pertumbuhan 30 perusahaan baru setiap tahunnya.

Dimana 34 persennya memiliki pangsa pasar internasional. Selain itu Yogyakarta memiliki lingkungan yang mendukung serta tenaga ahli yang cukup banyak dibidang digital.

Gerakan 1.000 starup digital di Yogyakarta ini dilakukan oleh innovative academy. Lembaga ini merupakan lembaga inkubasi starup digital di UGM yang sudah berdiri sejak 2014 lalu. Mellaui lembaga ini, gerakan 1.000 starup digital di Yogyakarta diawali dengan seminar kewirausahaan. Seminar ini menghadirkan para profesional dibidang usaha yang berbasis digital di Indonesia. Ada pemilik Go Jek, Dagadu, Sale Stock, dan beberapa pengusaha lainnya.

Mentor Gerakan 1.000 starup digital di Yogyakarta, Hargo Utomo mengatakan, semangat wirausaha yang tinggi dan kemauan yang besar merupakan modal bagi tumbuhnya starup digital. "Ini tantangan bagi anak muda untuk menjadi pengusaha digital," ujarnya.Pembukaan dan seminar seribu starup digital di Yogyakarta sendiri diikuti ratusan anak muda di Yogyakarta dan sekitarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement