Jumat 05 Aug 2016 15:55 WIB

Ditjen Hubla Sosialisasikan Kenavigasian Melalui Festival Film

Rol Film
Foto: ingeyukiko.blogspot.com
Rol Film

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyosialisasikan peran penting kenavigasian dalam mendukung terciptanya keselamatan pelayaran dan lingkungan maritim di wilayah perairan Indonesia melalui festival film.

"Penyelenggaraan Festival Film Kenavigasian ini bertujuan untuk memperkenalkan, sekaligus menyosialisasikan tugas dan fungsi sektor kenavigasian kepada masyarakat," kata Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Bambang Wiyanto di Semarang, Jumat.

Dengan sosialiasi tersebut, ia mengharapkan masyarakat dapat mengetahui dan lebih familiar terhadap kenavigasian sebagai salah satu ujung tombak bagi keselamatan serta keamanan pelayaran yang posisinya sangat strategis dalam mendukung program tol laut dan pecanangan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Menurut dia, peran kenavigasian juga sangat signifikan dalam mendukung terciptanya konektivitas transportasi antarwilayah dan antarpulau yang bertujuan untuk menekan disparitas harga antara wilayah Indonesia Bagian Barat dengan Indonesia Bagian Timur.

"Dengan adanya upaya menekan disparitas harga itu, maka tingkat kesejahteraan masyarakat pun lebih merata," ujarnya.

Sebelumnya, Festival Film Kenavigasian yang digelar hari ini dan merupakan rangkaian kegiatan rapat koordinasi teknis kenavigasian 2016 dengan "Tol Laut Dalam Perspektif Kenavigasian" diikuti oleh 18 kantor distrik navigasi seluruh Indonesia, namun setelah diseleksi hanya delapan film keluar sebagai nominasi pemenang.

Kedelapan film itu adalah Cahaya Belawan produksi Distrik Navigasi Kelas I Belawan, Lampumu Pelita Hatiku (Distrik Navigasi Kelas I Dumai), Laskar Navigasi (Distrik Kelas I Palembang), Aku Captain Kapal (Distrik Navigasi Kelas II Jayapura), Mimpi dari Selatan Indonesia (Distrik Navigasi Kelas II Kupang), Birunya Samuderaku (Distrik Navigasi Kelas II Semarang), Si Denok dari Pantai Selatan (Disrik Navigasi Kelas III Cilacap) dan Namaku Dolli (Distrik Navigasi Kelas I Surabaya).

Adapun film yang menjadi pemenang pada Festival Film Kenavigasian akan diumumkan pada penutupan Rakornis Kenavigasian 2016 yang berlangsung di Hotel Novotel Semarang pada Sabtu (6/8).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement