Jumat 22 Jul 2016 18:10 WIB

Wapres JK Serahkan Piala Adipura kepada Ridwan Kamil

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Ridwan Kamil memamerkan surat undangan penyerahan Piala Adipura di Instagram miliknya, @ridwankamil
Foto: Instagram @ridwankamil
Ridwan Kamil memamerkan surat undangan penyerahan Piala Adipura di Instagram miliknya, @ridwankamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kota Bandung berhasil mendapatkan penghargaan Piala Adipura yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Penghargaan yang pada tahun sebelumnya juga didapatkan Kota Bandung kembali dipertahankan tahun 2016 ini. Penyerahan Piala Adipura Kirana tersebut diserahkan saat pembukaan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Nasional tahun 2016, di Lapangan Depan Istana Siak, Riau, Jumat (22/7).

Berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Ridwan mengatakan prestasi ini dapat dipertahankan berkat kerjasama dan dukungan seluruh komponen masyarakat. Sehingga lingkungan Kota Bandung tetap terjaga kebersihan dan kelestariannya.

"Alhamdulillah Kota Bandung mendapatkan Adipura Kirana, piala kedua untuk Adipura ini menandakan perubahan dan konsistensi terus dilakukan dan ini adalah kerja keras semua orang dari mulai petugas sampah, RT, RW, lurah, camat, SKPD, BPLH, PD. Kebersihan dan seluruh warga Bandung," kata Ridwan.

Adipura Kirana merupakan penghargaan yang penilaiannya dititik beratkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investment yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

Pria yang akrab disapa Emil ini berharap etos kerja dan pembiasaan bersih lingkungan menjadi karakter yang mengakar bagi warga Bandung. Bukan serta merta hanya karena ingin mendapatkan Adipura.

"Ada atau tidak ada adipura kita harus tunjukkan kebersihan adalah kebudayaan Kota Bandung, dan tunjukan setiap hari kita tunjukan memperbaiki kekurangan-kekurangan, dan mudah mudahan tahun depan dapat lagi," ujarnya.

Piala Adipura adalah bentuk penghargaan terhadap kota-kota terpilih yang telah berhasil menjaga keseimbangan dan kelangsungan lingkungan. Serta menjadi penghargaan kepada para para pejabat-pejabat gubernur, walikota dan bupati yang telah memberikan kebijakan dan langkah-langkah yang baik dalam mengelola lingkungan yang berkelanjutan.

Selain Piala Adipura Kirana diperoleh Kota Bandung, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Bandung memperoleh penghargaan piala Adiwiyata Mandiri.

Penghargaan ini diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup yang didasarkan pada pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement