Senin 18 Jul 2016 19:26 WIB

Diterjang Topan, Puluhan Rumah di Sukabumi Rusak

Rep: Riga Iman/ Red: Ilham
Rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung (ilustrasi)
Foto: Antara/Yusran Uccang
Rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Puluhan rumah di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat rusak diterjang bencana angin puting beliung, Senin (18/7), siang. Peristiwa tersebut terjadi ketika wilayah Sukabumi diguyur hujan deras.

Data yang dihimpun menyebutkan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.45 WIB di Kampung Parungbaliung, Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan. "Data sementara yang diperoleh ada puluhan rumah yang mengalami kerusakan,’’ terang Tatang Sopandi, Kepala Seksi Kesejahteraan Desa Cijalingan kepada wartawan, Senin sore.

Bangunan yang rusak tidak hanya rumah warga, melainkan madrasah dan sarana umum lainnya. Bentuk kerusakan mulai dari genteng yang berjatuhan hingga pohon yang tumbang diterpa angin kencang.

Tatang menerangkan, ada satu bangunan yakni majelis taklim yang rusak parah karena sebagian ambruk. Hingga kini petugas masih melakukan pendataan terkait jumlah pasti rumah yang rusak akibat bencana.

 

Seketaris Desa Cijalingan, Udep Fredi menambahkan, aparat di desa telah dikerahkan untuk membantu warga. "Kami masih mendata jumlah rumah warga yang rusak,’’ kata dia. Namun, kebanyakn rumah yang rusak karena atap maupun gentengnya berjatuhan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo menerangkan, petugas BPBD juga sudah diterjunkan ke lokasi bencana. Nantinya, petugas melakukan pendataan dan memberikan bantuan kepada korban bencana.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement