Senin 11 Jul 2016 16:27 WIB

Gelombang Perairan Selatan Jateng-DIY Berpotensi Capai 6 Meter

Gelombang tinggi. Ilustrasi
Foto: 2space.net
Gelombang tinggi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Cilacap memprakirakan tinggi gelombang di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berpeluang mencapai 6 meter.

"Karena itu, kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga hari Selasa (12/7) pukul 13.00 WIB, dan akan kami perbarui jika ada perkembangan," kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo, Senin (11/7).

Menurut dia lagi, tinggi gelombang di wilayah pantai selatan Jateng-DIY berpeluang mencapai 2,5 meter hingga 4 meter. Sedangkan tinggi gelombang di wilayah Samudra Hindia selatan Jateng-DIY berpeluang mencapai 4-6 meter. Menurut dia, peningkatan tinggi gelombang tersebut terjadi akibat pengaruh kecepatan angin timuran yang cenderung meningkat terutama pada sore hingga malam hari.

"Kecepatan angin di wilayah pantai diprakirakan berkisar 5-20 knot yang bertiup dari arah timur laut hingga tenggara, sedangkan di Samudra Hindia diprakirakan berkisar 10-30 knot yang bertiup dari arah timur laut hingga tenggara," katanya pula.

Bahkan pada Ahad (10/7) sore, kata dia pula, kecepatan angin yang terekam di Stasiun Meteorologi Cilacap mencapai 25 knot dan di Bandara Tunggul Wulung Cilacap mencapai 21 knot. Selain dipengaruhi kecepatan angin, lanjut dia, kondisi gelombang di perairan selatan Jateng-DIY juga dipengaruhi oleh daerah pusat tekanan rendah yang muncul di Samudra Hindia barat daya Sumatra.

"Saat ini tekanan udara di pusat 'low pressure' (daerah pusat tekanan rendah, Red) tersebut mencapai 1.007 milibar," katanya lagi.

Terkait hal itu, dia mengimbau nelayan tradisional yang menggunakan perahu kecil untuk berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan terjadi gelombang tinggi saat melaut. Selain itu, kata dia, wisatawan yang mengunjungi pantai selatan Jateng-DIY diimbau untuk tidak berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena gelombang tinggi dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Cuaca di wilayah perairan selatan Jateng-DIY juga berpeluang terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Bahkan, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang kadang disertai petir juga berpeluang terjadi di wilayah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen," katanya pula.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement