Kamis 07 Jul 2016 09:00 WIB

Pulau Payung Diperkirakan Ramai Pengunjung H+1 Lebaran

Pulau Payung Besar
Foto: outingpulauseribu
Pulau Payung Besar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak kedatangan wisatawan di Pulau Payung Besar, Kepulauan Seribu, Jakarta, diperkirakan terjadi pada H+1 dan H+2 atau tanggal 7 dan 8 Juli 2016.

Menurut pemilik usaha perjalanan yang tinggal di pulau tersebut, Sapri, bakal ada sekitar 100-an orang yang berkunjung pada hari itu. "Kalau pada hari Lebaran seperti ini masih sepi. Masyarakat masih merayakan dengan keluarga masing-masing," ujar Sapri di rumahnya, Jakarta, Rabu (7/7), tepat pada Hari Idul Fitri.

Dia melanjutkan, para pengunjung akan tinggal di 12 homestay atau rumah inap di pulau yang masuk wilayah Kelurahan Pulau Tidung tersebut dengan masa tinggal dua hari semalam atau tiga hari dua malam.

Hal ini sesuai dengan perkiraan Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang juga memprediksi puncak keberangkatan wisatawan akan terjadi sekitar tanggal 8 atau 9 Juli 2016.

Bahkan, Kepala Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Khairul Anwar mengatakan pihakbya akan menyiapkan 25--30 kapal mengantisipasi hal tersebut. Adapun Pulau Payung Besar merupakan salah satu tujuan wisata di Kepulauan Seribu dan masuk dalam Kelurahan Pulau Tidung.

Pulau yang hanya memiliki satu RT ini memiliki tujuan wisata alam menarik, yaitu terumbu karang yang relatif masih terjaga. "Karangnya masih 'oke', masih bagus," ujar seorang pengunjung bernama Fadli, yang datang ke Pulau Payung Besar bersama 32 orang kerabatnya.

Ada beberapa kapal yang melayani transportasi menuju Pulau Payung Besar, yaitu kapal penyeberangan Dishub DKI "Kerapu", kapal feri atau disebut "kapal ojek" milik swasta dan kapal cepat dari Ancol.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement