Senin 27 Jun 2016 04:03 WIB

Habibie Dinilai Pantas Jadi Guru Bangsa

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: M Akbar
Presiden RI Ketiga BJ Habibie
Foto: Republika/ Edi Yusuf
Presiden RI Ketiga BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di mata banyak orang, sosok BJ Habibie tidak hanya dikenal lantaran kecerdasan otak yang dimilikinya. Tetapi juga karena sikap luhur yang diterapkan mantan presiden RI dalam kehidupannya.

Direktur Utama Rumah Yatim, Nugroho BW mengatakan, Habibie adalah seorang teguh dalam memegang prinsip. ''Pak Habibie tidak mudah terpengaruh dengan kepentingan politik, jabatan, maupun harta kekayaan,'' ujarnya kepada Republika.co.id, Ahad (26/6).

Menurut dia, Habibie juga memainkan peran sebagai guru bangsa yang senantiasa mengajarkan nilai-nilai nyata kepada generasi Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan semangat Habibie yang tidak pernah pupus memberikan karya-karya terbaiknya untuk bangsa ini. (Baca: Sosok Seperti Habibie Sudah Langka di Dunia)

''Pak Habibie adalah seorang guru yang mampu mengajari kita tentang bagaimana seharusnya seorang anak bangsa berbuat dan bersikap terhadap bangsanya,'' ujar Nugroho.

Sejak usia mudanya, Habibie sudah membuahkan banyak hak cipta dari hasil kreasinya di bidang teknologi dirgantara. Salah satunya adalah kesuksesan Habibie membuat rumus agar pesawat tempur Jerman tak jatuh saat mengudara.

Dari Habibie pula, bangsa ini bisa belajar bagaimana kecermatannya mengambil keputusan-keputusan mengurai benang kusut krisis monter 1998. Habibie mengaplikasikan kepiawaiannya memecahkan rumus fisika dan matematika dengan menganalogikannya dalam mencari solusi persoalan ekonomi.

Dengan caranya, sejumlah indikator ekonomi makro Indonesia pun segera menuju titik kestabilan saat krisis memporakporandakan negeri ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement