Rabu 22 Jun 2016 22:11 WIB

Akom: Ekspektasi Masyarakat pada Tito Sangat Besar

Rep: Agus Raharjo/ Red: Esthi Maharani
Calon Tunggal Kapolri Tito Karnavian (kedua kiri) bersama istri menunggu kedatangan Komisi III DPR RI untuk mengunjungi kediamannya di Jakarta, Rabu (22/6).  (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Calon Tunggal Kapolri Tito Karnavian (kedua kiri) bersama istri menunggu kedatangan Komisi III DPR RI untuk mengunjungi kediamannya di Jakarta, Rabu (22/6). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Ketua DPR, Ade Komarudin (Akom) mengatakan DPR ingin segera menyelesaikan proses uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala Polri. Terlebih lagi ekspektasi masyarakat sangat besar pada calon tunggal Kapolri yang diusulkan Presiden Joko Widodo.

“Saya sampaikan bahwa ekspektasi masyarakat luar biasa kepada beliau (Tito Karnavian),” kata Akom, Rabu (23/6).

Akom menambahkan, ekspektasi yang besar ini dapat menjadi keuntungan dan beban bagi mantan Kepala Detasemen Khusus 88 ini. Meski begitu, ia juga mengaku khawatir pada besarnya ekspektasi tersebut.

“Menjadi tantangan tersendiri untuk Pak Tito yang pada umur muda memiliki banyak prestasi dalam karirnya dan diberikan kesempatan oleh Presiden,” tegas Akom.

Komisi III sendiri mengagendakan kunjungan ke rumah Tito sebelum melakukan uji kelayakan dan kepatutan pada Kamis (24/6). Setelah uji kelayakan dan kepatutan tersebut, Komisi III akan menggelar rapat pleno untuk menentukan sikapnya menerima atau menolak calon yang diajukan oleh Presiden. Selanjutnya, dalam rapat paripurna, Selasa (28/6) pekan depan, sikap resmi DPR akan dibacakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement