Selasa 21 Jun 2016 20:49 WIB

Habibie di Mata Jusuf Kalla

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham
Presiden ke tiga Republik Indonesia, BJ Habibie
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Presiden ke tiga Republik Indonesia, BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie akan merayakan ulang tahunnya ke-80 pada 25 Juni mendatang. Namun beberapa tokoh sudah mulai mengucapkan testimoni untuk Habibie.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai, Habibie merupakan sosok yang sudah banyak dikenal masyarakat dan mendapatkan berbagai penghargaan. "Tentu sudah banyak dikenal dan sudah banyak penghargaan," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (21/6).

BJ Habibie menjabat sebagai Presiden ketiga pada 1998-1999 di tengah kondisi negara yang krisis pascalengsernya Presiden Soeharto. Namun di dunia bisnis, Habibie juga sukses dan mencapai puncak karier di industri penerbangan.

Lulusan Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen itu pernah bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, sebuah perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg, Jerman. Kemudian pada 1973, ia kembali ke tanah air atas permintaan mantan Presiden Soeharto.

Kejeniusan Habibie di industri penerbangan ini membuat namanya terkenal dan diakui lembaga internasional. Di antaranya seperti Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar) Jerman dan The Royal Aeronautical Society London (Inggris). Kemudian dia diakui oleh The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de l'Air et de l'Espace (Prancis), dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat).

Sejumlah penghargaan juga diraih Habibie, di antaranya Edward Warner Award dan Award von Karman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement