Selasa 21 Jun 2016 07:55 WIB

Keteladanan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Red: M Akbar
Ilham Tirta
Foto:

Meski begitu, serangkaian fakta tersebut membuktikan bagaimana kehidupan sosial begitu mengancam anak-anak di Indonesia, justru saat kesadaran akan pendidikan menggeliat. Pendidikan yang seharusnya menjadi bekal anak dalam membentengi dirinya dari segala pengaruh negatif sekali lagi dipertanyakan. Lalu apa yang salah?

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, perilaku menyimpang di kalangan remaja harus menjadi perhatian bagi orang tua dan guru. Semuanya harus menyadari pentingnya nilai-nilai yang dipegang dalam pendidikan, seperti nilai agama, Pancasila, dan budaya.

''Untuk menjaga (Pendidikan) itu maka orang tua dan guru harus sadar bahwa nilai itu harus diajarkan, ditumbuhkan, dan dikembangkan sejak usia dini. Bahkan, sebagian pakar menyebutkan sejak dalam kandungan,'' kata mantan rektor Universitas Paramadina ini pada Januari, lalu.

Keteladanan Orang Tua

Pendidikan memang dimulai dari orang tua. Ini karena hubungan sosial pertama seorang anak adalah dengan kedua orang tuanya. Pendidikan nonformal ini secara tidak sadar adalah yang paling tepat membangun karakter anak berdasarkan nilai agama, moral, sosial, dan budaya.

Orang tua harus menjadi model atau cetak biru tingkah laku yang menyenangkan sehingga bisa diikuti oleh anaknya. Karena itu, keteladanan adalah salah satu kunci dari pendidikan dalam keluarga.

Keteladan memiliki definisi yang sangat kompleks, yaitu bagaimana memberi contoh yang benar dalam berbicara, benar dalam bersikap, benar dalam berpikir, dan benar dalam berupaya.

Orang tua harus bisa memberikan contoh yang benar kepada putra putrinya mengenai cara berbicara, bersikap, berpikir, dan melakukan berbagai hal yang benar dalam keluarga. Kebiasaan yang disaksikan dan dialami seorang anak dari orang tuanya secara langsung ataupun tidak langsung akan terekam dalam pikiran, bahkan sangat mungkin akan diikuti oleh anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement