Ahad 19 Jun 2016 08:56 WIB

Mendikbud Tinjau Pendaftaran Ulang PPDB di SMAN 46

Rep: Kabul Astuti/ Red: Karta Raharja Ucu
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan. (Republika / Rakhmawaty La'lang)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan. (Republika / Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meninjau ke SMA Negeri 46 Jakarta terkait proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diulang, akibat sebelumnya terjadi kendala pada server PPDB Online di Jakarta.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta mulai hari ini terpaksa melakukan penjadwalan ulang PPDB di wilayah DKI Jakarta akibat adanya masalah pada server. Hal itu membuat para peserta kesulitan mengakses PPDB online dan menghambat proses pendaftaran.

Jadwal ulang pendaftaran mulai dilaksanakan Sabtu (18/6) dengan agenda pra pendaftaran. Tahap pertama untuk jalur khusus akan dilaksanakan pada 20-22 Juni 2016 melalui jakarta.siap-ppdb.com. Meski pelaksanaan PPDB adalah wewenang pemerintah daerah, bukan wewenang pemerintah pusat, Kemendikbud terus melakukan monitoring.

"Insya Allah perubahan jadwal oleh Dinas Pendidikan DKI ini tidak merugikan siapa pun. Toh semua proses ditunda, bukan hanya sebagian pendaftar. Lebih baik diundur tapi sistem aman, daripada dipaksakan seperti jadwal semula tapi berpotensi muncul masalah," kata Anies, Sabtu (18/6).

Mendikbud Anies Baswedan datang sekitar jam 11.30 WIB dan berbaur dengan para orang tua pendaftar. Mendikbud berbincang dengan pendaftar, orang tua, dan guru-guru hingga kemudian Kepala Sekolah SMA Negeri 46 Jakarta W Handoyo mendatangi. Anies juga menyaksikan antrean para orang tua calon siswa SMA yang akan melakukan pendaftaran ulang PPDB.

Mendikbud menyampaikan apresiasi kepada para guru yang tetap bekerja keras melayani para pendaftar, meski sebelumnya menemui masalah. Mendikbud juga berdialog dan menanyakan beberapa hal kepada orang tua calon siswa. Ia meminta para orang tua bersabar mengikuti proses pendaftaran ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement