Jumat 17 Jun 2016 23:53 WIB

Walkot Yogya Lantik 122 Pejabat Eselon

Rep: Yulianingsih/ Red: Karta Raharja Ucu
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.
Foto: Antara/Regina Safri
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti melantik 122 pejabat di lingkungan Pemkot Yogya, Jumat (17/6). Pelantikan ratusan pejabat ini menandai pergeseran jabatan cukup besar ditubuh Pemkot setempat. Dari pejabat  eselon II, III, IV dan V mengalamii banyak pergeseran.

"Pelantikan dan mutasi ini merupakan bagian dari dnamika kebutuan organisasi. Suatu hal yang wajar," ujar Haryadi dalam sambutannya. Pasalnya, mutasi dan pelantikan tersebut dilakukan untu  memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dalam pelayanan publik di Kota Yogyakarta.

Menurut dia, mutasi, promosi dan pengisian jabatan struktural pada Eselon II, Eselon III, Eselon IV dan Eselon V dilaksanakan setelah melalui penilaian dan seleksi secara ketat dan obyektif oleh tim Baperjakat terhadap kinerja pejabat yang ada. “Pelantikan ini hendaklah dimaknai sebagai kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu," ujarnya.

Karena itu, kata dia, setiap pejabat hendaknya menguasai Tupoksi masing-masing dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan sehingga  menjadi roda penggerak organisasi. Yang menarik dalam pelantikan pejabat tersebut dua kepala Dinas setingkat eselon II yang selama ini lowong yakni Dinas Peridustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertanian (Dinas Perindagkoptan) dan Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) akhirnya terisi dengan pimpinan baru.

Christina Lucy Irawati yang sebelumnya menjabat kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dilantik menjadi kepala Dinas Perindagkoptan. Sedangkan Agus Tri Haryono, sebelumnya menjabat Kepala Bidang Bangunan Gedung dan Perlengkapan Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah dilantik menjadi kepala Dinas Kimpraswil. Sementara itu, Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (KPMP) diisi oleh Octo Noor Arafat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement