Senin 13 Jun 2016 10:16 WIB

Pemerintah Uji Coba Integrasi Transaksi Tol Cikampek-Palimanan

Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci KM 204 hingga gerbang tol Palimanan KM 188 Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/7).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci KM 204 hingga gerbang tol Palimanan KM 188 Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (15/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PALIMANAN -- Pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mulai melakukan uji coba untuk mengintegrasikan sistem transaksi jalan tol mulai dari Jakarta-Cikampek hingga Palimanan-Brebes Timur, Senin.

"Uji coba ini dilakukan hari ini (13/6) mulai pukul 06.00 WIB dan akan terus dievaluasi," kata Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna, Senin (13/6).

Menurut dia, tujuan utama integrasi pembayaran ini adalah memperlancar arus lalu lintas jalan tol antara ruas Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan hingga ke Brebes Timur.

"Termasuk juga Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Padalarang-Cileunyi, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan serta Pejagan-Pemalang," katanya.

Menurut dia, dengan integrasi, maka antrean kendaraan dapat dikurangi secara optimal karena pembayaran hanya dilakukan di tempat tujuan. Implementasi di lapangan, kata Herry, hambatan pembayaran pada beberapa gerbang tol ditiadakan seperti Gerbang Tol Plumbon 3, Plumbon 4, Ciperna Utama dan Mertapada sehingga pembayaran hanya dilakukan di tujuan akhir.

"Jadi, pengguna jalan tol dari Jakarta hanya ambil kartu di gerbang Cikarang Utama dan membayar di Palimanan, baik secara tunai maupun kartu tol," katanya.

Mengenai berapa lama waktu yang bisa dihemat, ia mengatakan akan sangat tergantung dari situasi kepadatan.

"Sebelumnya antrean kepadatan di gerbang Cikopo kan bisa satu jam, sekarang sudah tidak lagi," katanya.

Terkait tarif, Herry menegaskan tetap berlaku tarif saat ini.

"Contohnya untuk kendaraan golongan I dari Jakarta - Palimanan Rp109.500, rinciannya Jakarta-Cikampek Rp13.500 dan Cikampek-Palimanan Rp96.000," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement