Ahad 12 Jun 2016 17:19 WIB

Jalan Rusak Dampak Pembangunan Tol Cipali

Rep: ita nina winarsih/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pembangunan jalan bebas hambatan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menyisakan masalah yang belum terselesaikan. Yaitu, rusaknya jalan penghubung antar desa di Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta. Jalan yang menghubungkan tiga desa itu, kini kondisinya rusak parah. Akibatnya, Pemkab Purwakarta harus merogoh kocek sebesar Rp 17 miliar untuk memerbaikinya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, rusaknya jalan yang melintasi tiga desa, yaitu Desa Kertamukti, Cimahi dan Desa Cijunti, sering kali dilaporkan warga ke SMS center bupati. Akibat banyaknya keluhan ini, pemkab harus bertanggung jawab. Yaitu, segera memerbaiki kerusakan tersebut. "Rusaknya jalan ini, dampak dari pembangunan jalan tol tersebut," ujar Dedi, kepada Republika, Ahad (12/6). 

Menurut Dedi, selama pembangunan tol itu, armada berat milik PT Lintas Marga Sedaya (LMS) yang merupakan pemenang konsensus proyek, setiap harinya hilir mudik melewati jalan desa tersebut. Kendaraan besar tersebut, membawa material untuk pembangunan tol. Karena bebannya yang terlalu berat, jalan desa yang baru saja selesai di-//hotmix// pada 2015 lalu itu, cepat rusak.

Parahnya lagi, setelah tol terpanjang di Indonesia itu diresmikan Presiden Jokowi setahun yang lalu itu, lanjut Dedi, sampai saat ini belum ada itikad dari PT LMS untuk memerbaiki jalan yang rusak itu. Karena itu, tahun ini pihaknya terpaksa menganggarkan biaya lagi untuk memerbaiki jalan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement