Jumat 10 Jun 2016 14:46 WIB

Dua Hari Telantar, Anak Ini Diselamatkan Petugas Dinsos

Rep: c39/ Red: Teguh Firmansyah
Razia Anak Jalanan
Foto: swatt-online.com
Razia Anak Jalanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang anak kecil sudah dua hari tidak pulang ke rumah. Selama itu, anak bernama Fauzi (12 tahun) tersebut tidak makan dan minum karena terlantar dari daerah Tangerang sampai ke Lampu Merah Kembangan, Jakarta Barat.

Melihat anak itu, Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Barat akhirnya menyelamatkan anak tersebut, Kamis (9/6).

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, Surya mengatakan, saat bertugas di lapangan seorang petugas sempat menanyai anak tersebut. Kemudian, anak tersebut mengaku ingin bermain ke rumah saudaranya di kawasan Kembangan Utara. Namun, ia tidak mengetahui arah jalan ke sana sehingga menyasar ke daerah lain.

"Petugas P3S kami mendapatkan informasi kalau ada anak terlantar. Awalnya petugas ingin rujuk anak tersebut ke panti sosial. Namun, ketika dalam perjalanan petugas menanyai perihal asal muasal anak itu, dia masih ingat alamat rumahnya dan ada orang tuanya di sana. Akhirnya petugas berinisiatif untuk mengembalikan anak tersebut," kata Surya, Jumat (10/6).

Baca juga, 4,1 Juta Anak Indonesia Terlantar.

Surya mengatakan, rumah anak tersebut berada di Jalan Ahmad Dahlan Kelurahan Gondrong Petir, Tangerang. Ketika sampai ke rumah, keluarga anak tersebut menyambut dengan sukacita karena pihak keluarga sudah mencari anak tersebut selama dua hari.

"Ibunya yang bernama Dahlia sangat senang dengan kembalinya Fauzi kepada keluarga sambil mengucapkan terima kasih. Petugas kami juga menghimbau agar anak-anak mereka selalu dijaga dan dipantau keberadaan agar tidak nyasar atau terlantar di jalanan," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement