Rabu 08 Jun 2016 17:50 WIB

Daop VI Perbanyak Stasiun Terapkan Sistem 'Check In'

Calon penumpang sedang mengantri saat sedang mencetak tiket kereta di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (1/4).  (Republika/Tahta Aidilla)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Calon penumpang sedang mengantri saat sedang mencetak tiket kereta di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (1/4). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta terus memperbanyak stasiun yang bisa menerapkan sistem check in bagi penumpang. Tidak hanya di empat stasiun besar saja.

"Kami sedang melakukan persiapan pemberlakukan sistem check in di Stasiun Klaten dan akan dilanjutkan di Stasiun Wates," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Rabu.

Sejak awal Juni, PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta memberlakukan sistem check in mandiri untuk seluruh penumpang yang naik kereta dari empat stasiun besar, yaitu Tugu, Lempuyangan, Purwosari, dan Solo Balapan.

Melalui sistem check in tersebut, seluruh calon penumpang perlu datang ke counter yang ada di stasiun untuk melakukan check in guna memperoleh boarding pass.

Petugas, lanjut Eko, hanya akan memeriksa boarding pass yang dimiliki calon penumpang sesaat sebelum masuk ke area tunggu untuk naik kereta. "Tidak lagi mengecek tiket seperti sebelumnya, tetapi cukup boarding pass saja," tuturnya.

Penumpang dapat melakukan check in 12 jam sebelum keberangkatan dengan hanya menyampaikan kode booking pembelian tiket. "Tidak perlu lagi menukar kode booking tersebut menjadi tiket terlebih dulu," ujarnya.

Sedangkan, penumpang yang sudah memiliki tiket, tetap harus melakukan check in agar memperoleh boarding pass untuk naik kereta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement