Ahad 05 Jun 2016 23:33 WIB

Harga Daging Sapi di Palu Naik Tajam

Penjual daging sapi, (Ilustrasi)
Penjual daging sapi, (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Harga daging sapi dan ayam di pasaran Kota Palu, Sulawesi Tengah, naik cukup tajam menjelang awal Ramadhan. Pantauan di pasar Masomba dan Manonda Palu, Ahad (5/6), harga daging sapi yang normalnya Rp 95 ribu/kg, kini naik menjadi Rp 115 ribu/kg.

Begitu pula ayam potong yang sebelumnya rata-rata Rp 40ribu/ekor, kini mencapai Rp 60 ribu/kg. Sejumlah ibu rumah tangga mengeluh kenaikan harga yang terbilang cukup tinggi tersebut.

"Saya cukup kaget ketika membeli daging sapi dan ayam di pasaran sudah naik dan kenaikannya pula sangat tinggi," keluh Ny Agustin, salah seorang ibu rumah tangga di kawasan jalan Towua.

Keluhan senada juga disampaikan Ny Fatimah (46), warga yang berdomisili di Perumahan Palupi, Kecamatan Tatanga yang mengaku terkejut karena harga daging di pasar naik cukup tinggi. Pada ramadhan sebelumnya, harga daging sapi dan ayam naik, tetapi tidak seperti yang terjadi sekarang ini.

Pada awal puasa 2015 daging sapi naik dari Rp 85 ribu /kg, menjadi Rp 95 ribu/kg dan ayam potong dari Rp 35 ribu, menjadi Rp 45 ribu/ekor. Sekarang ini daging sapi naik mencapai Rp 115 ribu/kg dan ayam potong naik dari Rp 40 ribu, menjadi Rp 60 ribu/ekor.

Ny Sri, seorang pedagang ayam di kawasan Pasar Masomba mengaku kenaikan harga itu dikarenakan harga di tingkat peternak naik. "Kami pedagang ikut menyesuaikan harga," katanya.

Dia juga mengatakan stok ayam cukup memadai, hanya saja harga yang mengalami kenaikan. Menghadapi awal puasa ini, ia menyiapkan stok ayam potong sekitar 700 ekor untuk kebutuhan sepekan. Ayam potong yang dijual sekarang ini masih dipasokan peternak lokal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement