Senin 30 May 2016 07:47 WIB

PDIP Minta 1 Juni Dijadikan Hari Libur Nasional

Pancasila (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Pancasila (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SAWAHLUNTO — Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Sawahlunto, Sumatra Barat, Dasrial Ery, mendesak pemerintah menetapkan hari lahir Pancasila pada 1 Juni sebagai hari libur nasional.

"Permintaan tersebut merupakan salah satu hasil rapat konsolidasi unsur pimpinan cabang Kota Sawahlunto yang dilaksanakan Minggu," katanya di Sawahlunto, Senin (30/5).

Menurut dia, 70 tahun kelahiran Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal tersebut merupakan momen yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

"Pada hari itulah lahirnya dasar negara Indonesia sebagai pemersatu bangsa ketika kata Pancasila pertama kalinya diucapkan oleh Bung Karno pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)," kata dia.

Pada peringatan hari lahirnya Pancasila kali ini, pihaknya mengimbau generasi muda agar bisa lebih memaknai, memedomani serta mengimplementasikan nilai - nilai yang terkandung dalam pada Pancasila. Sebagai falsafah hidup bangsa, Pancasila menjadi sendi-sendi kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Dia menjelaskan, butiran sila-sila diyakini masih ampuh untuk menyelesaikan seluruh persoalan dalam perjuangan Indonesia menjadi sebuah bangsa yang sejajar dengan bangsa lain.

"Kita butuh persatuan dan persatuan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dengan mengedepankan rasa kemanusiaan yang adil dan beradab yang didasari keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjut dia, perjuangan itu harus dipimpin oleh seseorang yang memahami hikmat serta memiliki kebijaksanaan melalui permusyawaratan perwakilan sebagai cerminan negara demokratis yang agamais.

Menurut dia, pemahaman itulah yang harus ditanamkan kembali kepada setiap individu warga negara sebagai benteng kuat dalam menjaga keutuhan serta kewibawaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)."Sehingga membangun negara yang tangguh dan disegani bangsa - bangsa di dunia bisa menjadi cita - cita seluruh rakyat Indonesia, sebagaimana yang diperjuangkan para pendiri negara ini sejak berabad silam," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement