Rabu 25 May 2016 22:02 WIB

Masih Jaring Calon, PDIP Belum Putuskan Siapa Cagub DKI Jakarta

Hasto Kristiyanto
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PDI Perjuangan masih menjaring sejumlah figur populer dan memiliki elektabilitas tinggi untuk diusung sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada pilkada serentak 2017.

Pernyataan itu dikatakan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai prosesi penganugerahan gelar doktor honoris causa kepada Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di kampus Universitas Pajajaran, Jalan Dipati Ukur, Bandung, Rabu.

Menurut Hasto, figur tersebut baik dari eksternal maupun dari internal PDI Perjuangan, yakni mereka yang sudah mendaftar sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta, dan sudah mengikuti seleksi.

Dari figur-figur yang masuk dalam penjaringan survei PDI Perjuangan, termasuk juga Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Hasto menambahkan, tapi PDI Perjuangan sangat sulit untuk mendukung Ahok sebagai calon gubernur pada pilkada serentak tahun 2017, karena dia sudah memilih maju melalui jalur calon perseorangan.

"Ahok bahkan sudah mendeklarasikan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari jalur perseorangan," katanya.

Ia menegaskan, DPP PDI Perjuangan saat ini sedang memproses lewat survei nama-nama yang masuk dalam penjaringan bakal calon gubernur DKI Jakarta, baik dari internal maupun dari eksternal PDI Perjuangan.

Dalam penjaringan tersebut, kata dia, PDI Perjuangan tidak menjadikan popularitas atau elektabilitas sebagai satu-satunya tolok ukur untuk diusung sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta.

"Ada beberapa pertimbangan lain, seperti kesamaan visi misi, komitmen, dan loyalitas terhadap partai," katanya.

Menurut dia, elektabilitas hanya salah satu instrumen saja, dari beberapa instrumen yang menjadi persyaratan di PDI Perjuangan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement