Senin 23 May 2016 16:35 WIB

Bupati Ini Dukung Soeharto Layak Jadi Pahlawan Nasional

Soeharto
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Soeharto

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga menilai Presiden RI kedua Soeharto layak diberi gelar pahlawan nasional seperti yang direkomendasikan Partai Golkar di Munaslub belum lama ini, karena dedikasinya untuk bangsa Indonesia.

"Terlepas dari penilaian negatifnya kepemimpinan beliau (Soeharto) karena diturunkan dari jabatannya, ada juga banyak memiliki sisi positif selama 32 tahun memimpin Indonesia," ungkap bupati saat ditemui pada persiapan pelaksanaan kegiatan Musabaqahh Tilawitl Qur'an (MTQ) di Kabupaten tersebut, Senin (23/5).

Syarif mencotohkan, seperti kuatnya sistem pertahanan negara ini serta stabilitas ekonomi dan pembangunan yang merata, itu menjadi tolak ukur dari layaknya Soeharto dijadikan pahlawan naisonal.

"Memang ada juga sisi negatif, seperti membangun 'gurita bisnis'. Namun di usia saya saat ini yang masih merasakan kepemimpinan Soeharto, sangat sulit melupakan gambaran positif hasil kepemimpinannya," ujar kader Partai Golkar ini.

Ia mengingatkan bahwa sebelum Soeharto menjadi Presiden, ia merupakan seorang prajurit yang turut berjuang membela bangsa ini dari penjajahan bangsa lain.

"Perjuangan beliau selama prajurit juga layak dilihat sebagai penentuan dijadikannya pahlawan nasional. Bahkan pada pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI), Soeharto dikenal sebagai figur sentral membela kewibawaan bangsa ini," katanya.

Syarif menambahkan, jangan karena kita hidup di zaman sekarang lalu mengatakan masa lalu itu salah semua. "Jika kita terus menyalahkan masa lalu, terus kapan benarnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement