Kamis 19 May 2016 15:07 WIB

Visiting Doctor, Inovasi Baru Kang Emil

Rep: c26/ Red: Esthi Maharani
Ridwan Kamil
Foto: Antara
Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil kembali membuat inovasi. Kali ini bidang kesehatan yang dibidiknya. Program yang disebut Vising Doctor itu muncul karena banyaknya keluhan tentang kinerja dan pelayanan buruk rumah sakit.

"Saya usulkan untuk ada visiting doctor. Jadi kalau ada yang sakit jangan ke rumah sakit, tapi tolonglah ada satu atau dua dokter yang mendatangi dulu ke rumah si orang sakit. Kalau tidak perlu ke rumah sakit jangan dulu ke rumah sakit," kata Kang Emil, Kamis (19/5).

Ia menginginkan program tersebut bisa diimplementasikan di setiap rumah sakit di Bandung. Menurutnya, penanganan pasien dapat dilakukan dengan lebih cepat sehingga menekan risiko kematian atau kondisi pasien yang memburuk.

Usulan ini disampaikannya kepada para direktur rumah sakit di Kota Bandung. Ia secara langsung meminta agar mereka memperhatikan masalah-masalah di kota Bandung, terutama warga miskin.

"Karena bulan lalu, ada dua warga saya meninggal dunia karena ditolak rumah sakit. Dalam proses menunggu ditolak itu dia meninggal," ujarnya.

Hal ini dikatakannya bisa menjadi bagian dari program CSR di masing-masing rumah sakit. Namun Pemkot Bandung masih harus menunggu kesanggupan setiap pihak rumah sakit terkait inovasi pelayanan kesehatan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement