Rabu 18 May 2016 17:18 WIB

Lagi, Jalan di Sukabumi Diterjang Longsor

Rep: Riga Iman/ Red: Angga Indrawan
 Ilustrasi tanah longsor.
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Ilustrasi tanah longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor kembali menerjang sarana jalan raya di Kabupaten Sukabumi. Kali ini menimpa jalan raya penghubung antarkecamatan di Kampung Cibarengkok Kulon, Desa/Kecamatan Cidadap, Sukabumi.

Jalan yang tertimbun longsor tersebut menghubungkan antara Kecamatan Cidadap dengan Kecamatan Sagaranten. Informasi yang diperoleh dari kecamatan menyebutkan, ruas jalan yang tertutup longsor sepanjang 15 meter dengan lebar enam meter. "Kejadiannya pada Rabu (18/5) dini hari," terang Camat Cidadap Jenal Abidin kepada wartawan Rabu (18/5).

Longsor tersebut terjadi setelah tebing setinggi 15 meter yang ada di atasnya longsor dan menimpa jalan raya. Hal ini kata Jenal disebabkan tingginya intensitas hujan di wilayah Sukabumi. Hujan mengguyur wilayah Cidadap sejak Selasa (17/5) sore hingga malam hari.

Jenal menerangkan, longsor menyebabkan arus lalu lintas baik dari Cidadap maupun Sagaranten terputus. Dampaknya, warga harus melalui jalur alternatif yang lebih jauh.

Untuk membersihkan badan jalan kata Jenal, sejumlah elemen masyarakat telah digerakkan untuk melakukan gotongroyong. Mereka berasal dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), aparat kecamatan, dan TNI/Polri. Diakui Jenal, semua desa yang ada di wilayahnya memang termasuk ke dalam daerah rawan bencana khususnya longsor. Kontur tanah di Cidadap yang berbukit-bukit. Pihak kecamatan ungkap Jenal, telah mendirikan posko bencana alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement