Selasa 10 May 2016 18:39 WIB

Kota Sukabumi Klaim Bebas Rabies

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Anjing, salah satu hewan peliharaan penular rabies, selain kucing dan kera.
Foto: Siwi Tri Puji/Republika
Anjing, salah satu hewan peliharaan penular rabies, selain kucing dan kera.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkot Sukabumi mengklaim wilayahnya terbebas dari penyakit rabies. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir ini tidak ditemukan kasus gigitan binatang yang menyebabkan rabies.

"Kasus terakhir rabies di kota terjadi pada 2007 lalu," ujar Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DP2KP) Kota Sukabumi Kardina Karsoedi kepada wartawan Selasa (10/5). Sehingga sudah sembilan tahun di Sukabumi tidak terjadi kasus rabies.

Meskipun demikian kata Kardina, DP2KP tetap mewaspadai potensi gigitan binatang seperti anjing rabies. Caranya dengan secara rutin melakukan vaksinasi hewan seperti anjing minimal enam bulan sekali.

Data DP2KP ujar Kardina, jumlah anjing yang ada di Kota Sukabumi mencapai sekitar 1.200 ekor. Ribuan ekor anjing tersebut sudah rutin mendapatkan vaksinasi.

Kardina berkata, DP2KP juga menggiatkan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. Targetnya, ketika ada kasus gigitan binatang seperti anjing maka harus segera dilaporkan kepada petugas.

Laporan ini ungkap Kardina, akan segera ditindaklanjuti oleh petugas di lapangan. Upaya tersebut diharapkan dapat mempercepat penanganan kasus rabies di tengah masyarakat.

Sebelumnya daerah tetangga kota yakni Pemkab Sukabumi menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) penyebaran penyakit rabies. Penetapan ini dilakukan setelah ada 12 orang warga yang terkena gigitan anjing rabies. Bahkan, salah satunya dipastikan meninggal dunia atas nama Opan Opandi (62 tahun), warga Kampung Pulo RT 01 RW 01, Desa Bantarpanjang, Kecamatan Jampang Tengah.

Korban meninggal dunia ketika mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)) R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Jumat (29/4) pagi. "Dinkes telah menetapkan status KLB terkait rabies," ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Pernyataan Lingkangan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi Harun Alrasyid kepada wartawan akhir pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement