Rabu 27 Apr 2016 10:49 WIB

Kegiatan Luar Rumah Bikin Anak Makin Kreatif

Anak bermain bola
Foto: flickr
Anak bermain bola

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan di luar ruangan dipercaya bisa membawa pengaruh positif yang manfaatnya terasa secara langsung dan berlaku jangka panjang. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Experimental Psychology menyebutkan adanya hubungan yang positif antara aktivitas di luar dan penciptaan ide-ide kreatif.

Sementara, penelitian di Glasgow University membuktikan aktivitas fisik yang dilakukan di sekitar pepohonan dan rumput dapat menurunkan level stres dalam otak. Menyadari hal tersebut Coca Cola Amatil Indonesia kembali menyelenggarakan Coke Kicks 2016. Coke Kicks 2016 merupakan salah satu kegiatan CSR Coca Cola yang diselenggarakan sejak tahun 2011 berkolaborasi dengan Asian Soccer Academy (ASA). Event ini menitikberatkan pada kegiatan di luar lapangan. Coke Kicks dirancang di mana anak-anak dan masyarakat bisa berkumpul menerima perlengkapan sepak bola dan mendapatkan pelatihan profesional.

Psikolog Vera Itabliana mengatakan aktivitas di luar berdampak positif terutama bagi remaja. Mereka yang aktif di luar umumnya memiliki keunggulan di bidang kreativitas, kepemimpinan, perencanaan dan pengambilan keputusan. "Yang paling penting adalah kegiatan di luar mengajarkan remaja untuk berpikir mandiri dan merasa kompeten sehingga mereka memiliki kemampuan yang bagus dalam memecahkan masalah," ujar dia, Selasa (26/4).

Head of Coprorate Communications CCAI Kristy Nelwan mengatakan modul pelatihan dalam Coke Kicks dibagi menjadi tiga yaitu pelatihan bagi pelatih setempat (train the trainers), pelatihan profesional untuk remaja dan mini competition. Pelatihan bagi para peserta termasuk teori passing, ball controlling, dribbling, turning, dan shooting, yang kemudian diselesaikan dengan permainan kelompok.

Tahun ini Coke Kicks ditargetkan berlangsung di 10 kota dengan 1.280 peserta. Kota-kota yang akan disambangi yaitu Palembang, Cirebon, Sleman, Batam, Bali, Pekanbaru, Bogor, Banyuwangi, Ambon dan Pontianak.

"Selama 6 tahun menjalankan Coke Kiks kami sendiri mengalami energi yang positif yang sangat kuat selama kegiatan berlangsung," ujar dia.

Technical Advisor ASA Lee Hawkins menggaris bawahi sepak bola sebagai aktivitas olahraga dan kegiatan outdoor yang tepat guna untuk belajar berunding dan kompromi serta kooperatif dengan rekan sekitar.

 “Metode yang diterapkan di Coke Kicks sangatlah bermanfaat bagi remaja, terutama di daerah-daerah yang kurang terjangkau, di mana para remajanya memiliki semangat tinggi tapi jarang mendapatkan kesempatan untuk dibimbing dalam hal skill," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement