Ahad 24 Apr 2016 06:45 WIB

Ini Pesan Obama kepada Indonesia melalui Blinken

Rep: Yeyen Rostiyani/ Red: M Akbar Wijaya
Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken (kiri) dan Dubes AS untuk Indonesia Robert Blake di Jakarta, Jumat (22/4).
Foto: Yeyen Rostiyani/Republika
Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken (kiri) dan Dubes AS untuk Indonesia Robert Blake di Jakarta, Jumat (22/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken melakukan lawatan singkat ke Indonesia. Blinken membawa sejumlah pesan penting dari Presiden AS Barack Obama terkait hubungan Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik. “Seperti dalam kunjungan lainnya, saya ingin menyampaikan komitmen Presiden Barack Obama untuk lebih terlibat dengan Asia Pasifik," ujar Blinken saat berdiskusi dengan Republika dan sejumlah awak media di Kantor Kedutaan Besar AS di Jakara, Jumat (22/4).

Selama di Indonesia, Blinken bertemu sejumlah pejabat senior termasuk Wakil Menlu AM Fachir. Sebelum ke Jakarta Blinken sempat berkunjung ke Tokyo, Hanoy, dan Seoul.

Sejumlah isu yang dibahas dalam kunjungan ini meliputi tantangan kawasan dan global, hubungan ekonomi, keamanan, maritim, investasi, perubahan iklim, polemik Laut Cina Selatan, hingga perkembangan Korea Utara. Blinken menyatakan AS berkomitmen memperkuat kerja sama dengan ASEAN. 

Mengenai Laut Cina Selatan, Blinken menekankan pentingnya kebebasan navigasi dan penyelesaian damai. Dia mengatakan setiap negara harus mengambil langkah positif dengan menghentikan reklamasi, pembangunan, dan militerisasi di kawasan itu. 

Blinken mengakui AS tidak memiliki hak klaim atas kawasan Laut Cina Selatan. Namun dia mengatakan AS memiliki kepentingan dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan tersebut. “Kami yakin kekhawatiran ini juga dirasakan negara lain termasuk Indonesia,” ujarnya. 

Penyelesaian Laut Cina Selatan harus lewat perdamaian, dan bukan koersif. AS, kata Blinken, mendukung penyelesaian jalan damai lewat arbritrase. “Kita akan menghormati apapun keputusan Pengadilan Arbritase,” katanya.

Selama berada di Indonesia Blinken juga mengadakan pertemuan dengan sejumlah pengusaha Indonesia. Dia mengatakan pentingnya dukungan pemerintah kepada para pengusaha.

Blinken memuji kemampuan pengusaha nasional. Menurutnya pengusaha Indonesia sangat inspiratif dan inovatif. Dia percaya ide-ide segar pengusaha Indonesia dapat mengubah kawasan ASEAN dan dunia. 

“Saya bertemu sejumlah pengusaha muda Indonesia. Mereka sangat menginspirasi, inovatif. Ide-ide mereka tidak saja dapat mengubah Indonesia, namun juga kawasan dan bagian dunia lainnya,” kata Blinken sambil mengingatkan bahwa pemerintah Indonesia harus mendukung mereka.

Blinken menambahkan negaranya akan terus mendukung Indonesia memberantas terorisme. Dia berpandangan kerjasama AS dan Indonesia dalam memberantas terorisme telah berjalan baik. “Kerja sama kami dalam bentuk penyediaan perlengkapan, saling berbagai data informasi, pelatihan untuk para jaksa dan hakim,” katanya.n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement