Jumat 22 Apr 2016 19:19 WIB

Ganjar Pranowo Minta Pengelola Museum Lakukan Inovasi

Red: M Akbar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) mengajar sejumlah siswa di SMK Negeri 1 Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (12/11).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) mengajar sejumlah siswa di SMK Negeri 1 Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (12/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pengelola sejumlah museum di Jawa Tengah, diminta melakukan berbagai inovasi untuk menarik minat pengunjung agar dapat terus bertahan.

"Pengelola harus berinovasi dan terus mencari terobosan agar museum dapat menarik sehingga pengunjung dari berbagai kalangan mau datang," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berkunjung di Museum Ranggawarsita Semarang, Jumat (22/4).

Ganjar berharap museum-museum di Jawa Tengah tidak hanya sebuah gudang yang berisi barang-barang rongsokan kuno, tapi menjadi sebuah perjalanan yang terus hidup. Khusus Museum Ranggawarsita, Ganjar menilai perlu ada penataan dari aspek penampilan, isi, dan penambahan inovasi.

"Selain itu perlu ada pemandu yang menarik, visualisasi juga dikemas menarik, dan penataan interior sehingga pengunjung merasa nyaman," ujar mantan anggota DPR RI itu.

Ganjar berpendapat perlu ada cenderamata yang bisa dibeli oleh pengunjung seperti buku-buku kuno yang diterbitkan ulang agar setelah orang keluar museum mendapat pengetahuan yang utuh. Menurut Ganjar, harga tiket masuk museum tidak masalah jika dinaikkan dan dibuat menjadi beberapa paket.

"Harga tiket masuk museum bisa dinaikkan menjadi beberapa kali lipat dan tiap pengunjung mendapat buku atau menjual paket wisata dengan harga Rp100 ribu, selain bisa mengunjungi museum juga memperoleh cenderamata," katanya.

Selain itu, kata Ganjar, pengelolaan museum juga perlu inovasi agar anak muda bersedia datang, misalnya dengan menyediakan kafe yang nyaman dan perpustakaan yang lengkap sehingga orang akan betah berlama-lama ada di kompleks museum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement