Kamis 21 Apr 2016 15:19 WIB

Transjakarta Luncurkan Bus Khusus Perempuan

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
  Bus Transjakarta di halte Dukuh Atas, Jakarta, Jumat (8/4).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Bus Transjakarta di halte Dukuh Atas, Jakarta, Jumat (8/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Transjakarta meluncurkan bus khusus bagi pelanggan perempuan. Bus khusus ini diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan istrinya Veronica Tan.

Dirut Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan bus ini hanya beroperasi di koridor 1 (Blok M-Kota) mulai pukul lima pagi sampai pukul 22.00 malam.  Alasannya, jalur tersebut tak bersinggungan dengan koridor lain. Ia berharap bus khusus itu bisa memfasilitasi keinginan perempuan naik transportasi massal.

"Kami mengajak calon pelanggan perempuan yang belum pernah naik kendaraan umum untuk bisa coba bus ini, kita namakan bus Pinky karena warnanya pink," katanya kepada wartawan dalam sesi peresmian, Kamis (21/4).

Ia menerangkan, penyedian bus khusus tersebut adalah bagian dari sejarah transportasi. Sebab menurutnya tak ada satupun bus khusus perempuan di dunia. Di sisi lain, semua awak bus adalah perempuan yang terdiri dari dua petugas dan satu pengemudi.

"Saat ini baru dua unit bus gandeng yang dimodifikasi jadi bus khusus perempuan. Rencananya akan ditambah sepuluh unit karena kebanyakan pengguna transjakarta itu perempuan," ujarnya.

Baca juga,  Bus Transjakarta AmbilLAlih Rute-Rute Gemuk Metromini.

Diketahui, kapasitas tempat duduk bus berjumlah 38 kursi. Sedangkan jumlah penumpang berdiri yang mampu ditampung mencapai 80 orang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement