Senin 18 Apr 2016 02:04 WIB

Lima Serangan Teroris yang Mematikan di Indonesia

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ilham
Warga menyalakan lilin dalam aksi solidaritas korban bom di Jl. MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (16/1) malam. Aksi tersebut sebagai renungan dan refleksi masyarakat terhadap kejadian bom dan penembakan di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta (14/1/2016).
Foto:
Massa yang tergabung dalam Pemuda Pancasila berunjuk rasa di depan Gedung Kedubes Australia di Jakarta, Selasa (26/11). (Republika/Agung Supriyanto)

3. Bom Kedubes Australia

Ledakan besar terjadi di depan Kedutaan Besar Australia pada 9 September 2004. Lima orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Ledakan juga mengakibatkan kerusakan beberapa gedung di sekitarnya seperti Menara Plaza 89, Menara Grasia, dan Gedung BNI.

Kronologisnya, bom mobil meledak di depan Kedutaan Besar Australia pada pukul 10.30 WIB di kawasan Kuningan, Jakarta. Jumlah korban jiwa tidak begitu jelas karena Indonesia berhasil mengidentifikasi 9 orang, namun pihak Australia menyebut angka 11 orang.

Di antara korban yang meninggal adalah satpam-satpam Kedubes, pemohon visa, staf Kedubes, serta warga yang berada di sekitar tempat kejadian saat bom tersebut meledak. Tidak ada warga Australia yang meninggal dalam kejadian ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement