Kamis 14 Apr 2016 16:01 WIB

Kabar Ba'asyir Meninggal Hoax

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Achmad Syalaby
Abu Bakar Baasyir
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Abu Bakar Baasyir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Foto dan tulisan yang mengabarkan pimpinan Pondok Pesantren Ngruki, Solo, Abu Bakar Baasyir meninggal, Kamis (14/4) pagi tadi sempat tersebar di media sosial. Kepala Lapas Pasir Putih, Nusakambangan, Hendra Eka Putra membantah rumor tersebut.

Hendra mengatakan Abu Bakar Baasyir dalam kondisi sehat dan masih beraktivitas seperti biasa, saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (14/4). Hendra mengaku baru saja beberapa menit lalu menghampiri Abu Bakar untuk berbincang bincang."Sehat kok, alhamdulilah. Itu isu saja. Ini barusan saja saya abis dari blok beliau. Ngobrol-ngobrol," ujar Hendra.

Saat ini, dia menjelaskan, terpantau dari CCTV Abu Bakar Baasyir sedang menunaikan Shalat Ashar. Sebelumnya, Abu Bakar tampak asik sibuk membaca dan berolahraga kecil kecilan di dalam biliknya. Hendra mengatakan tak jarang isu dan kabar mengenai meninggalnya Abu Bakar Baasyir meninggal menghampiri dirinya. Namun ia bisa memastikan Abu Bakar masih dalam kondisi sehat.

"Sehat kok, kita juga selalu rutin kasih makan dua kali sehari. Ya kadang memang pada hari tertentu makanan tersebut tidak dimakan. Ia mengaku sedang puasa," ujar Hendra.

Abu Bakar Baasyir sendiri saat ini berada di salah satu blok khusus di Lapas Pasir Putih, Nusakambangan. Ia berada di sel 3x4 meter. Ia berada di blok khusus bersama Rozi, Aman Abdurahmman dan Iwan. Meski dalam satu blok ketiganya memang tidak diperbolehkan berbincang dan bertemu. Ketiganya dikurung dalam lapas dengan penjagaan  pintu ganda yang dikawal  satu orang sipir dan Brimob.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement