Jumat 01 Apr 2016 08:18 WIB

Pemkot Depok Siapkan Instruktur Senam dan Fitnes untuk PNS

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Angga Indrawan
Walikota Depok  Idris Abdul Shomad dan Wakil Walikota Depok  Pradi Supriatna
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Walikota Depok Idris Abdul Shomad dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok, M Idris menargetkan untuk menurunkan penyakit tidak menular di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan beberapa program kesehatan. Bahkan, akan mempekerjakan pelatih senam dan fitnes untuk menjaga kesehatan aparatur pemerintah. Selain itu, tahun ini pendataan Indeks Masa Tubuh (IMT) bagi PNS, bakal ditambah dengan tes hipertensi, gula darah, hemoglobin dan kesehatan.

"Sehingga, dapat mengetahui riwayat kesehatan seluruh PNS yang bekerja. Akan dilakukan bertahap, dilihat dulu bagaimana perkembangannya,'' ujar Idris di Balaikota Depok, Kamis (31/3).

Menurut Idris, banyak PNS yang kegemukan karena mereka malas berolahraga dan tidak mengatur pola makan yang sehat. Apalagi, kemajuan teknologi dalam memesan makanan, membuat mereka minim melakukan aktivitas fisik. Ditambah, mereka banyak memakan, makanan yang tidak sehat.

"Banyak faktor yang menyebabkan mereka kegemukan sampai obesitas kelas dua," kata dia.

Padahal, lanjut dia, orang yang kegemukan atau obesitas terancam penyakit stroke, gangguan pernapasan, penyakit kantung empedu, gangguan hormonal, radang tulang sendi, jantung, diabetes, kanker gangguan kardiovaskular dan lainnya. "Memang cukup mendesak untuk mendatangkan instruktur senam dan fitnes di lingkungan kerja Pemkot Depok, untuk menjaga kesehatan PNS. Jangan sampai pelayanan terganggu karena para aparatur memiliki masalah kesehatan," kata Idris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement