Selasa 29 Mar 2016 09:22 WIB

Peternak Ikan Palembang Kesulitan Dapatkan Benih Lele

Peternakan ikan lele
Foto: Antara
Peternakan ikan lele

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Para peternak ikan budi daya air tawar di Palembang Provinsi Sumatra Selatan kesulitan mendapatkan benih ikan lele, karena banyak permintaan sementara pasokan sedikit.

"Kami kesulitan mendapatkan benih ikan lele untuk dibudidayakan sejak dua bulan terakhir ini," kata salah seorang peternak ikan lele dan patin Rosalini, di Palembang, Selasa (29/3).

Menurut dia, untuk mendapatkan benih ikan lele itu dia selalu memesan lebih dulu kepada pihak yang melakukan pemijahan. Tetapi sekarang ini sangat lama bisa sampai satu bulan baru menerimanya.

"Itu pun yang diterima tidak dalam jumlah banyak, karena pemijahan ikan lele itu dengan cara alami, sehingga tingkat kegagalan besar," katanya lagi.

Dia mengungkapkan, permintaan masyarakat atas benih ikan lele saat ini cukup banyak. Apalagi sekarang harga ikan lele di pasaran cukup bagus mencapai Rp 26 ribu per kilogram. Ia menyatakan, saat ini cuaca sedang tidak menentu, karena sering terjadi hujan sehingga tingkat keasaman air meningkat. "Kalau tidak bisa menyiasatinya maka benih ikan lele banyak yang mati akibat kondisi cuaca yang tidak menentu itu," ujarnya lagi.

Dia juga mengeluhkan harga pakan ikan yang terus meningkat, sehingga mengakibatkan biaya produksi menjadi tinggi dan pendapatan menurun. Pada sejumlah pasar tradisional di Palembang harga ikan lele Rp 26 ribu per kilogram, ikan nila Rp 30 ribu per kilogram, dan ikan sarden Rp 20 ribu per kilogram.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement