Sabtu 24 Jun 2023 12:20 WIB

Relawan Nelayan Balad Pangandaran Bangun Kolam Pemijahan Lele

Nelayan tetap bisa meraih pendapatan meski tengah menghadapi musim panceklik.

Sejumlah relawan membangun kolam pemijahan lele untuk kelompok nelayan kecil yang berada di Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Sejumlah relawan membangun kolam pemijahan lele untuk kelompok nelayan kecil yang berada di Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Sejumlah relawan Nelayan Balad Ganjar membangun kolam pemijahan lele untuk kelompok nelayan kecil yang berada di Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Selain itu, mereka juga memberikan sejumlah bantuan untuk mendukung budi daya lele para nelayan, mulai dari indukan, bibit lele, hingga beberapa karung pakan lele. 

Koordinator Daerah Nelayan Balad Pangandaran, Eko Komarudin menyatakan bahwa asalan diberikannya bantuan ini adalah agar para nelayan tetap bisa meraih pendapatan meski tengah menghadapi musim panceklik. 

Baca Juga

"Di setiap musim bagi nelayan itu ada yang namanya musim paceklik. Di muslim paceklik itu kami enggak bisa melaut sama sekali," kata Eko seperti dilansir pada Sabtu (24/6/2023). 

Eko menjelaskan bahwa bantuan kolam pemijahan dan bibit yang diberikan akan dikelola bersama oleh seluruh anggota kelompok nelayan yang ada.

 

"Teknisnya nanti kami kelola bersama-sama, terus hasilnya nanti juga bagi rata. Jadi, akan meningkatkan penghasilan nelayan kecil," kata Eko. 

Bantuan dari relawan Nelayan Balad Ganjar juga bersifat berkelanjutan. Bila lele yang dibudi daya telah memasuki masa panen, relawan ini akan menggandeng UMKM dalam pengelolaan dan pemasarannya. 

"Setelah panen, kami pasarkan dengan membuatnya jadi abon juga. Kami jual ke bakul-bakul dan pedagang setempat. Kegiatan selanjutnya kami akan melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk nelayan kecil di daerah lain," kata dia. 

Relawan Nelayan Balad Ganjar juga menyatakan bahwa pihaknya mendukung regenerasi kepemimpinan nasional secara jujur adil aman dan amanah, guna keberlangsungan cita-cita keutuhan bangsa.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement