Senin 28 Mar 2016 06:59 WIB

‎KNPI Siapkan Perhelatan Jambore Akbar

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Hazliansyah
Logo KNPI
Foto: Dokumen KNPI
Logo KNPI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menggelar rapat koordinasi (rakor) Bidang Maritim dan Pra Jambore Poros Maritim Pemuda bersama Bidang Maritim DPD KNPI Provinsi Se-Indonesia.

Rakor juga dihadiri panitia lokal yang akan menjadi tuan rumah, DPD Kabupaten Bangka beserta Pemda Kabupaten Bangka.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Rifai Darus mengatakan, acara akbar Jambore Poros Maritim Pemuda yang akan dilaksanakan di Pantai Matras Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 24 hingga 28 April 2016 mendatang akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Acara ini akan dibuka oleh Presiden dan dihadiri oleh seribu peserta dari semua elemen pemuda seluruh Indonesia dan beberapa narasumber. Seperti Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri pemuda dan olahraga Imam Nachrowi dan Menko Maritim Rizal Ramli,” kata Rifai dalam siaran pers, ahad (27/3).

Ada juga Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan, Menteri Koperasi UKM AA Puspayoga, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu,KASAL TNI, Kepala Bakamla Arie Soedewo dan Ketua Umum PB. HIPMI, Bahlil Lahadalia.

Kegiatan juga merupakan bentuk dari partisipasi Pemuda Indonesia dalam mendukung program Nawacita pemerintah, lebih khusus program Presiden tentang Poros Maritim Dunia dan Tol Laut.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP KNPI Bidang Maritim yang juga Ketua Panitia Nasional jambore Poros Maritim Pemuda, Baharudin Farawowan mengatakan, selain acara semiloka kemaritiman, ada juga Deklarasi Satgas Maritim Pemuda.

Nantinya satgas ini dibentuk di seluruh Indonesia sesuai struktur KNPI. Dengan tujuan membantu pemerintah dalam tiga hal utama, yaitu menjaga kelestarian sumber daya, Jambore Poros Maritim Pemuda ini akan melaksanakan beberapa agenda Yaitu Semiloka Kemaritiman, Perkemahan, Pameran Maritim Pemuda, Pagelaran Seni Budaya Maritim dan lain-lain

Sementara itu Ketua DPD KNPI Kabupaten bangka, Ujang Suprianto mengatakan, bahwa persiapan panitia lokal dan pemda kabupaten Bangka di lapangan sudah delapan puluh persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement