Senin 28 Mar 2016 00:03 WIB

Kisah Bayi dan Bocah Korban Eksploitasi di Jakarta

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Ilham
 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise (kanan) menggendong seorang anak korban eksploitasi yang terjadi di Blok M saat mengunjungi Rumah Perlindungan Sementara Anak (RPSA), di Bambu Apus, Jakarta Timur, Ahad (27/3).  (Republi
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise (kanan) menggendong seorang anak korban eksploitasi yang terjadi di Blok M saat mengunjungi Rumah Perlindungan Sementara Anak (RPSA), di Bambu Apus, Jakarta Timur, Ahad (27/3). (Republi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Neneng Heryani mengaku lega melihat perkembangan terkini R (7 tahun) dan W (5 tahun). Keduanya adalah korban eksploitasi anak di Jakarta.

Kepala Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Handayani Kementerian Sosial (Kemensos), Bambu Apus, Cipayung, Jakarta, itu menuturkan, awalnya dua anak laki-laki dan perempuan tersebut itu begitu ketakutan saat pihaknya akan membawa mereka pada Kamis (24/3), malam lalu.

Bahkan, kenang Neneng, petugas RPSA Handayani perlu waktu cukup lama untuk membujuk lantaran mereka mengira sedang digelandang aparat keamanan.

“Adik bukan mau ditangkepin. Tapi adik mau dibawa ke rumah aman, supaya adik enggak tidur di trotoar,” kata Neneng Heryani kepada bocah itu di RPSA Handayani Kemensos, Jakarta, Ahad (27/3).

“Sekarang (R dan W) sudah jauh lebih baik, berseri-seri, karena banyak temannya juga. Tapi di dalam hatinya, trauma, namanya juga pernah hidup di jalanan.”

R, W, serta MI alias B (enam bulan) adalah tiga dari 17 korban sindikat eksploitasi anak di bilangan Blok M, Jakarta. Sindikat tersebut berhasil diungkap Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan, Jumat (25/3) lalu. Pasangan ER (17 tahun) dan SM (18 tahun) tertangkap tangan sedang mengemis sambil mengeksploitasi B di bilangan Blok M.

Sementara kasus ini terus diusut, Polres Metro Jaksel menitipkan R, W, dan B ke rumah aman di RPSA Bambu Apus. Sebab, hingga kini kepolisian belum menemukan sanak famili mereka yang bisa dipercaya.

Terhadap R dan W, psikolog dari dinas sosial sudah melakukan trauma healing dan assessment melalui metode bermain. Bekerja sama dengan kepolisian, RPSA Handayani akan terus menelusuri keberadaan sanak famili terdekat ketiga anak itu. Mereka baru bisa diserahkan bila ada keluarga yang dinilai layak mengasuh mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement