Kamis 24 Mar 2016 20:07 WIB

Bibit Samad: Koruptor di Indonesia Terus Berkembang

Red: M Akbar
Mantan Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto.
Foto: Republika/Agung Supriyano
Mantan Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Bibit Samad Rianto menilai proses penegakan hukum berkenaan dengan kasus korupsi di Indonesia masih sangat lemah. Ia melihat sekarang ini para maling uang negara itu justru semakin bertambah lihai dalam mengakali hukum dan regulasi yang ada.

"Pelaku korupsi di Indonesia saat ini terus berkembang," kata Bibit usai mengukuhkan kepegurusan DPP Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi Cianjur, Jabar, di Pondok Pesantren Al Itihad, Jalan Raya Bandung, Kamis (24/3).

Menurut dia, pergerakan penghisap uang negara dan memperkaya diri sendiri itu, selalu selangkah lebih ke depan dibandingkan dengan hukum dan regulasi yang mengatur tentang tindak pidana korupsi. "Kita punya banyak hukum dan regulasinya, tapi penegakan hukum kasus korupsi masih lemah," katanya.

Dia menilai usaha lain dari kalangan yang kontra terhadap pemberantasan korupsi dengan melakukan pelemahan terhadap satu-satunya lembaga di Indonesia yang secara khusus menangani kasus korupsi, melalui produk hukum yang menjadi payung hukum bagi keberlangsungan KPK ke depan.

Selama ini, kata Bibit, KPK dihantam dari berbagai sisi, termasuk ketika melakukan pengungkapan dan pentuntasan kasus korupsi jelas terpengaruh. Dalam pemberantasan korupsi, jika hanya mengandalkan aparat penegak hukum, diyakininya tidak akan memberikan dampak cukup signifikan.

"Karena itu, dibutuhkan peran serta masyarakat dan seluruh komponen bangsa agar bisa mempersempit ruang gerak tindak pidana korupsi. Pelaku korupsi, bukan orang sembarangan, mereka dipastikan memiliki tingkat intelejensi melebihi rata-rata dan tahu betul seluk-beluk hukum," katanya.

Ketika korupsi atau suap-menyuap dilakukan, tidak akan bisa terdeteksi dengan cukup mudah. "Mereka bisa saja mengelak. Makanya yang paling efektif itu adalah dengan melakukan tangkap tangan, agar koruptor tidak dapat menyangkal, bukti-bukti tidak akan bisa terbantahkan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement