Selasa 22 Mar 2016 10:31 WIB

Disdik Padang Minta Uji Kelayakan Bangunan

Bangunan ambruk (ilustrasi)
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Bangunan ambruk (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) meminta pemerintah setempat melakukan uji kelayakan bangunan instansi itu terkait ambruknya sayap kiri dan kanan gedung pada Selasa (22/3) dini hari. "Bangunan Disdik Padang sudah berusia sekitar 30 tahun. Untuk kelayakan suatu bangunan maksimal berusia 25 hingga 30 tahun. Jadi gedung ini sudah mendekati batas layak," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpas) Disdik Padang, Rusdi di Padang, Selasa (22/3).

Ia menambahkan bagian bangunan yang ambruk memang sayap kiri dan kanan. Namun pihaknya telah meminta dinas terkait khususnya Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan pengecekan bangunan secara keseluruhan. "Perlu uji kelayakan seluruh bangunan termasuk strukturnya. Takutnya bangunan utama juga sudah tidak layak," ujarnya.

(Baca Juga: Sayap Kiri dan Kanan Gedung Disdik Padang Ambruk)

Menurut dia, petugas malam Disdik Padang itu mendengar suara petir sebelum bagian sayap gedung itu ambruk.Ia menyampaikan sebelumnya gedung itu juga pernah digoyang gempa beberapa kali pada beberapa tahun silam sehingga petir atau pun hujan pada Selasa dini hari hanya salah satu faktor keruntuhan saja.

"Jika nanti Dinas PU tidak bisa cek, kami akan minta bantuan akademisi, baik dari Universitas Andalas atau Jakarta," tegasnya.

Ia mengatakan akademisi atau pihak-pihak berwenang lainnya tentu mempunyai alat yang lengkap untuk melakukan uji layak gedung termasuk layak beton. "Jika pengujian membuktikan tidak layak, tentu segera ditindaklanjuti, baik dengan perbaikan, penghancuran atau bangun gedung baru," tambahnya.

Hal tersebut sangat dibutuhkan karena menyangkut keselamatan banyak orang khususnya staf dan karyawan Disdik Padang.

Sebelumnya, bagian sayap kiri gedung Disdik Padang ambruk pada pukul 01.05 WIB, sedangkan sayap kanan ambruk 15 menit kemudian yakni pukul 01.20 WIB. Ambruknya bagian sayap itu menyebabkan beberapa ruangan di bangunan induk mengalami kerusakan seperti ruangan bagian umum, bidang dikmen, bidang sarana prasarana, keuangan dan sebagainya.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement