Senin 21 Mar 2016 12:15 WIB

Indonesia Raih Penghargaan di Pameran Wisata Kroasia

Wonderful Indonesia dipromosikan di
Foto: dok: Kementerian Pariwisata
Wonderful Indonesia dipromosikan di "Auckland International Cultural Festival"

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partisipasi Indonesia dalam pameran pariwisata terbesar Kroasia "Place2Go" menarik minat banyak warga negara Eropa Timur tersebut dan menjadikan Indonesia terpilih sebagai "the Best Country Visual Representation".

"Dengan penghargaan ini diharapkan warga Kroasia lebih mengenal Indonesia dan potensi daerah tujuan wisatanya. KBRI Zagreb siap mendukung program pemerintah RI untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisman ke Indonesia pada 2019," kata Duta Besar RI untuk Republik Kroasia Alexander Litaay dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin (21/3).

Dengan populasi sekitar 4,2 juta jiwa, Kroasia mampu mendatangkan lebih dari 12 juta wisman setiap tahunnya. Jumlah ini, menurut Alexander, merupakan target pasar potensial yang dapat dijaring Indonesia.

Dalam pameran Place2Go yang berlangsung di Kota Zagreb pada 18-20 Maret 2016, untuk pertama kalinya Indonesia diwakili beberapa perwakilan agen perjalanan dan hotel, serta dua agen perjalanan asal Kroasia yang menjual paket-paket wisata ke Tanah Air.

Selain promosi paket wisata, KBRI Zagreb yang bekerjasama dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest juga mempromosikan produk- produk unggulan Indonesia seperti kopi, gula kelapa organik, dan air kelapa kemasan.

Para pengunjung stand Indonesia juga dihibur dengan tarian tradisional, dan hiburan interaktif lainnya, serta diperkenalkan dengan beberapa makanan kecil khas Indonesia.

Untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, KBRI Zagreb telah mengadakan workshop di salah satu hotel di Kota Zagreb, bertemakan "Wonderful Indonesia" yang dihadiri oleh 29 agen perjalanan asal Kroasia, dan dilanjutkan dengan "business to business meeting" dan "networking".

Selain presentasi Wonderful Indonesia pada workshop tersebut, KBRI juga melakukan dua kali presentasi serupa di panggung utama Place2Go, dan acara "cocktail reception" dengan media dan agen perjalanan asal Kroasia.

"Promosi ini kami lakukan untuk meningkatkan jumlah turis ke Indonesia, khususnya dari Kroasia dan dari kawasan Eropa Tenggara pada umumnya. Diharapkan pada tahun 2016 akan terjadi kenaikan yang cukup signifikan sejalan dengan mulai kembali tumbuhnya perekonomian Kroasia, dan telah bebasnya visa kunjungan wisata ke Indonesia," kata Konselor Ekonomi KBRI Zagreb Widjoseno Sastroamidjojo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement