Jumat 18 Mar 2016 12:54 WIB

KPI: Jawaban Kontroversial Zaskia Gotik Bukan Skenario Program Televisi

Rep: c30/ Red: Andi Nur Aminah
Zaskia Gotik
Foto: Nagaswara
Zaskia Gotik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Idy Muzayat mengaku sudah menegur pihak penyelenggara program "Dahsyat" di stasiun televisi RCTI. Teguran tersebut terkait tayangan "Dahsyat" pada Selasa (15/3) tentang jawaban kontroversial Zaskia Gotik .

"Program siaran 'Dahsyat' sudah kita berikan teguran sudah kita berikan sanksi," ujar Idhi Muzayat saat dihubungi Republika.co.id, di Jakarta, Jumat (18/3).

Sanksi yang dimaksud, kata Idy, adalah teguran kepada pihak penyelengara acara. Dengan begitu, pada Kamis (17/3), pihaknya mengaku sudah memanggil penanggung jawab program tersebut untuk dimintai keterangan.

(Baca Juga: Menghina Lambang Negara, Zaskia Gotik Dilaporkan ke Polisi)

Dalam pertemuan itu, Idy menyatakan penyanyi Zaskia Gotik segera meminta maaf atas ucapannya yang dianggap telah melecehkan lambang negara. Selain itu, dia juga memberikan peringatan kepada pihak penyelenggara program supaya lebih selektif lagi dalam membuat skenario program acara. "Kemarin kita sudah melakukan teguran dan meminta yang bersangkutan meminta maaf di program yang sama," kata Idymenjelaskan.

Dari hasil pertemuan, Idy mengungkapkan, penanggung jawab program "Dahsyat" mengaku telah men-setting acara pada Selasa (15/3) itu. Namun, untuk jawaban dari para bintang tamu, bukan lagi setting-an dari pihak acara.

Dalam acara tersebut, ada tiga bintang tamu, yaitu Ayu Ting Ting, Julia Perez, dan Zaskia Gotik. Dua bintang tamu selain Zaskia saat ditanya tentang tanggal proklamasi dan lambang negara Indonesia menjawab dengan benar. Namun, hanya pelantun lagu "Satu Jam Saja" ini yang memberikan jawaban kontroversial.

"Jadi, menurut keterangan produsernya, mereka sendiri kaget dengan tingkahnya si Zaskia ini. Mereka tidak mengira jawaban akan seperti itu. Jadi, mereka mengaku jawaban 'bebek nungging' bukan atas skenario tim produksi," ujar Idy. 

Diketahui dalam acara tersebut, sedang dilakukan semacam kuis melihat kecerdasan artis. Dengan aktris Deny Cagur sebagai pembawa acara dan Julia Perez alias Jupe, Ayu Ting Ting, dan Zaskia Gotik sebagai peserta. 

Deny menanyakan kapan tanggal proklamasi, kemudian dijawab oleh Ayu dan Jupe tanggal 17 Agustus 1945. Namun, Zaskia  menjawab "habis azan Subuh, tanggal 32 Agustus."

Begitu pun saat ditanyakan apa lambang sila kelima Pancasila, pelantun "Alamat Palsu" dan "Belah Duren" menjawab padi dan kapas. Namun, si pencetus goyang itik ini justru menjawab "bebek nungguin" yang langsung dibanjiri komentar dari berbagai kalangan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement