Kamis 17 Mar 2016 19:48 WIB

Terowongan MRT Senayan-Setiabudi Dijadwalkan Rampung 2017

Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan terowongan bawah tanah MRT, Jakarta, Kamis (17/3).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan terowongan bawah tanah MRT, Jakarta, Kamis (17/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Proyek MRT Jakarta Osako Kazuya mengatakan, pembangunan terowongan pada proyek angkutan massal cepat (mass rapid transit/MRT) dari Senayan menuju Setiabudi dijadwalkan selesai awal 2017.

"Terowongan sampai Istora Senayan pertengahan bulan depan dan sampai Setiabudi rencananya awal tahun depan," katanya saat memaparkan proyek MRT di lokasi pembangunan terowongan, Senayan, Jakarta, Kamis (17/3).

Ia mengatakan, pihaknya membangun dua terowongan saat ini untuk Jalan Jenderal Sudirman sampai Thamrin, yakni terowongan untuk kereta berangkat dan kembali, yang masing-masing berdiameter 6,5 meter.

Untuk pengeboran pertama telah dilakukan sejak Agustus 2015. Saat ini, terowongan sedang dibor dari Senayan mengarah ke Istora Senayan.

Pihaknya menargetkan pengeboran untuk membuat terowongan dari Senayan sampai Istora Senayan akan selesai pada pertengahan bulan depan, kemudian dilanjutkan menuju Setiabudi.

Osako Kazuya mengatakan bahwa alat pengebor berasal dari Jepang yang berputar 360 derajat per menit.

Pengebor itu beroperasi selama 24 jam dalam 1 hari yang bisa menggali hingga 10 meter.

"Dengan memanfaatkan pengeboran ini kami bisa menghindari kemacetan di atas jalanan. Karena semua dilakukan di bawah tanah sehingga pembangunan di atas jalan tidak diperlukan," ujarnya.

Sementara itu, pengeboran kedua telah sampai ke bagian bawah tanah pada proyek stasiun senayan, kemudian akan dilanjutkan dari Senayan ke Istora Senayan.

Ia mengatakan bahwa risiko utama banjir adalah masuknya air dari pintu masuk dan keluar stasiun, bukan dari dinding stasiun atau terowongan. Untuk itu, pintu stasiun dibangun lebih tinggi dari tanah di sekelilingnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement