Rabu 16 Mar 2016 13:52 WIB

Putri Astrid Senang Kunjungi Kebun Raya Bogor

Putri Astrid dari Belgia dan sang suami
Foto: oocities.org
Putri Astrid dari Belgia dan sang suami

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Putri Astrid, perwakilan Raja Philippe dari Belgia pada Rabu sekitar pukul 12.30 WIB mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat sebagai salah satu rangkaian kunjungan resmi kenegaraan Kerajaan Belgia dengan misi kerja sama bilateral di bidang ekonomi.

Dia datang mengenakan atasan berwarna biru tua dan celana panjang berwarna ungu tua. "Saya senang berada di sini," kata Putri Astrid ketika sampai di Kebun Raya Bogor.

Dia disambut oleh pihak Kebun Raya Bogor dan diantarkan langsung ke Taman Anggrek. Kemudian dia menyempatkan diri untuk menanam pohon bambu bernama Bambusa lako Widjaja (Poaceae).

Setelah itu, berkeliling kebun dan berjalan di Jalan Astrid, nama jalan yang diberikan pemerintah Hindia-Belanda sewaktu kunjungan Ratu Astrid pada 1928 ke Kebun Raya Bogor. Putri Astrid pun berfoto di tiang petunjuk arah jalan yang bertuliskan Jalan Astrid.

Putri Astrid merupakan cucu dari Ratu Astrid dan Raja Leopold III, kunjungan ke kebun Raya Bogor tersebut mengikuti kunjungan Ratu Astrid dan Raja Leopold III pada 1928 ke Kebun Raya Bogor (dulu bernama s'Lands Plantentuin te Buitenzorg).

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Prof Enny yang ikut menemani Putri Asrid menjelaskan sejak kedatangan Ratu Astrid dan Raja Leopold III, sepanjang jalan Astrid di kebun itu telah ditanami bunga tasbih (Canna hibrida) yang melambangkan bendera negara tersebut.

Canna hibrid yang ditanam memiliki bunga berwarna merah dan kuning serta daunnya berwarna merah gelap cenderung hitam.

"Sejak kunjungan Ratu Astrid pada 1928, jalan ini telah ditanami bunga yang berwarna hitam, kuning dan merah yang melambangkan persahabatan kedua negara," kata dia.

Sebelum ke Kebun Raya Bogor Putri Astrid mendatangi seminar "Sustainable Agriculture: Towards A Bio-based Economy" di International Convention Center Institut Pertanian Bogor.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement