Kamis 10 Mar 2016 17:29 WIB

Boikot Produk Israel, Luhut: Tak Masalah, ini Dukungan Buat Palestina

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Bayu Hermawan
Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: ANTARA
Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkait ujaran Presiden Joko Widodo saat KTT OKI terkait memboikot produk produk Israel, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan hal tersebut memang sebagai bentuk dukungan Indonesia untuk Palestina.

Luhut menilai dengan memboikot produk israel tidak akan berdampak pada perekonomian Indonesia. Malahan, menurut Luhut ini salah satu bentuk solidaritas Indonesia untuk mendukung eksistensi Palestina.

"Tidak ada masalah, ini kan sebagai dukungan kita agar Palestina bisa diakui dan masuk ke PBB. Sudah banyak korban tak bersalah disana," ujarnya di Kantor BNN, Kamis (10/3).

Luhut mengatakan, dukungan kepada Palestina memang perlu dilakukan mengingat apa yang terjadi di Palestina merupakan kejahatan manusia yang harus dihentikan. Ketika Indonesia mendeklarasikan dukungan kepada Palestina merupakan bentuk kepedulian sebagai sesama umat manusia.

Namun, Luhut sendiri belum bisa menjelaskan secara rinci apakah bentuk boikot ini secara menyeluruh akan menstop seluruh produksi Israel masuk ke Indonesia. Atau apakah Indonesia akan mengambil posisi sebagai mediator untuk berbicara kepada Israel.

Namun, ia menegaskan bahwa kekerasan yang terjadi di Palestina harus dihentikan. Palestina sebagai negara harus bisa diakui dan dijunjung tinggi martabatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement