Rabu 09 Mar 2016 17:53 WIB

Gerhana Matahari Total akan Terjadi di Medan 250 Tahun Lagi

Rep: Issha Harruma/ Red: Bayu Hermawan
Foto kolase proses gerhana matahari total yang terlihat dari perairan Bangka Belitung, Rabu (9/3).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Foto kolase proses gerhana matahari total yang terlihat dari perairan Bangka Belitung, Rabu (9/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kepala Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar mengatakan, gerhana matahari merupakan fenomena alam yang terjadi setiap tahun. Namun, gerhana matahari selalu mendatangi lokasi yang berbeda tiap tahunnya.

"Untuk satu titik yang sama, terlebih gerhana matahari total, itu baru akan terjadi lagi ratusan tahun. Untuk kota Medan akan terjadi sekitar 250 tahun yang akan datang," kata Arwin di lokasi pengamatan gerhana matahari di gedung pasca sarjana UMSU, Medan, Rabu (9/3).

Arwin menjelaskan, gerhana matahari yang terjadi pagi ini akan memberikan dampak dari aspek ilmiah, misalnya di bidang pertanian, ekonomi, perilaku hewan, dan lain-lain. Hasil pengamatan yang dilakukan, lanjutnya, tentu akan sangat berguna bagi bidang-bidang tersebut.

"Pertanian, misalnya, ketika fase total keadaan akan gelap. Saat itu, para ahli pertanian atau biologi akan melakukan penelitian bagaimana proses fotosintesis tanaman itu yang menjadi lebih lama. Bagaimana pengaruhnya untuk orang pertanian," jelasnya.

OIF UMSU melakukan kegiatan pengamatan gerhana matahari sebagian (GMS) di gedung pasca sarjana UMSU di Jl Denai, Medan, pagi ini, Rabu (9/3). Sejak pukul 05.30 WIB, ribuan warga terus mendatangi lokasi pengamatan dan solat gerhana ini.

Sebanyak dua ribu kacamata matahari dibagikan kepada warga yang datang. Selain itu, sembilan teleskop pun disediakan OIF UMSU bagi warga yang ingin mengamati gerhana matahari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement