Selasa 08 Mar 2016 17:24 WIB

Kok Bisa Bulan yang Kecil Menutupi Matahari yang Besar?

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Achmad Syalaby
Gerhana Matahari
Gerhana Matahari

REPUBLIKA.CO.ID,Matahari memiliki ukuran yang sangat besar. Bulan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan matahari. Namun, dalam fenomena gerhana matahari total, permukaan matahari tertutup oleh bulan.

Kok bisa ya, bulan yang kecil menutup matahari yang besar? Astronom ITB Suhardja D Wiramihardja mengatakan, bulan yang kecil bisa menutup matahari karena ukuran jarak yang sangat jauh.

Dia menjelaskan, matahari memiliki ukuran 400 kali lebih besar dibandingkan bulan. Sementara, jarak bumi ke matahari 400 kali lebih jauh dibandingkan jarak bumi ke bulan. Komposisi perpaduan jarak dan ukuran inilah yang membuat bulan bisa menutup piringan matahari sehingga terjadi gerhana.

"Ini sama seperti kita meletakkan uang koin Rp 500 yang bisa menutup benda seukuran piring dalam jarak tertentu," ujar dia saat ditemui, Selasa (8/3).

Pada daerah yang tertutup bulan, akan terjadi gelap atau dikenal dengan istilah gerhana matahari. Sementara, bagi daerah yang tidak tertutup bulan, akan tetap mendapatkan sinar matahari seperti biasa. Pada esok, Rabu (9/3), sebanyak 12 provinsi di Indonesia akan dilewati gerhana matahari total.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement