Kamis 03 Mar 2016 21:40 WIB

Biem Benyamin: Jakarta Harus Berbagi dengan Daerah Lain

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Karta Raharja Ucu
Biem Benyamin
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Biem Benyamin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon gubernur Jakarta, Biem Benyamin ingin menjalin kerja sama dengan daerah-daerah untuk membangun Ibu Kota. Menurut dia, pemerintah tidak boleh menjadikan masyarakat hanya sebagai objek atau penonton saja.

"Jakarta harus berbagi pada daerah lain. Program Jakarta, memang Jakarta harus berbagi pada daerah lain," kata dia saat berkunjung ke Kantor Republika, Kamis (3/3).

Ia menjabarkan, Jakarta memerlukan pangan agar stabilitas stok pangan aman. Sehingga, Pemprov DKI Jakarta harus bekerja sama dengan daerah penghasil produksi pangan, misalnya Jawa Barat (Jabar), Lambung, NTT, NTB.

Selain itu, menurut Biem, Jakarta bisa menjadi investor bagi daerah lain dengan menawarkan peningkatan kesejahteraan daerah tersebut. "Orang kan selalu mau bekerja di Jakarta. Sekarang ditawarkan, bagaimana kita kasih kerjaan untuk daerah," ucap dia.

(Baca Juga: Dukungan Parpol Diprediksi Terpecah Dua di Pilgub DKI)

Putra dari Benyamin Sueb itu juga bercita-cita dapat bekerja sama dengan daerah pengolah sampah. Sehingga, tidak ada lagi tudingan Jakarta yang terkenal dengan penghasil sampah.

"Saya juga tak ngerti kenapa pengolahan sampah susah. Padahal sudah ada pengelolaan sampah," ujarnya. Hasil pengolahan tersebut, ia menuturkan, dapat dimanfaatkan untuk pupuk dan kompos, listrik dan lain-lain.

Ia berpendapat, membangun Jakarta tidak bisa dilakukan oleh gubernur sendiri. Sebagai pemimpin, seorang gubernur harus mendengar dan menampung aspirasi dari masyarakat.

"Menurut saya, Jakarta harus membangun dengan aspirasi melibatkan masyarakat. Maunya mereka seperti apa," ujar Biem.

(Baca Juga: Siapa Pun Gubernurnya, Biem Benyamin Ingin Orang Betawi Diakui)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement