Kamis 03 Mar 2016 18:13 WIB

Setya Novanto, Priyo, Ade Komaruddin Caketum Golkar Terpopuler

Paparan survei Kedai Kopi
Foto: joko sadewo
Paparan survei Kedai Kopi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Politikus Setya Novanto, Priyo Budi Santoso, Ade Komaruddin menjadi tiga nama paling populer calon ketua umum Partai Golkar. Meski populer namun Setya dan Ade Komaruddin tidak dianggap sebagai figur yang berhasil menyelamatkan Partai Golkar dari perpecahan lalu.

Dalam survei yang dirilis Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) calon ketua umum yang populer di masyarakat adalah Setya Novanto dengan 35,8 persen. Disusul kemudian Priyo Budi Santoso (26,8 persen) dan Ade Komaruddin (25 persen).

Setelah itu secara berturut-turut Syahrul Yasin Limpo (20 persen), Idrus Marham (19,04 persen), Azis Syamsuddin (17,6 persen), Airlangga Hartanto (12,6 persen), Indra Bambang Utoyo (11,2 persen), Zaki Iskandar (9,4 persen), dan Mahyuddin (8,4 persen).  "Ini soal popularitas belum pada elektabilitas (keterpilihan, Red)," ungkap Hendri.

Juru bicara Kedai Kopi Hendri Satrio mengatakan, survei ini dilakukan dengan menggunakan 500 responden yang berusia 17 tahun ke atas/sudah menikah, dan Margin of Error +/- 4,38. Proses pengumpulan data dilaksanakan dari 29 Februari – 1 Maret 2016, melalui wawancara melalui telpon dan menggunakan kuesioner terstruktur.

Meski populer, menurut Hendri, Setya Novanto tidak dianggap sebagai figur yang menyelamatkan Golkar. "Tapi kalau soal populer Setya Novanto memang populer. Tapi kalau ditanya yang menyelamatkan nama Setya Novanto hilang," ungkap dia.

Terkait dengan popualitas Priyo Budi Santoso, Hendri mengatakan nama Priyo sudah akrab di telinga masyarakat. "Selama ini memang sudah cukup akrab dalam posisinya yang dulu sering muncul," jelas Hendri. Ia mengatakan kalau survei ini masih pada popularitas belum pada elektabilitas (keterpilihan, Red).

Secara sejarah, menurut Hendri, harusnya Ade Komaruddin dan Mahyuddin tinggi popularitasnya. "Namun nampaknya mereka sepertinya kurang ngobrol. Tapi beginilah realitas temuan kita soal popularitas," ungkapnya.

Calon Ketua Umum Golkar Terpopuler

1. Setya Novanto (35,8 persen).

2. Priyo Budi Santoso (26,8 persen)

3. Ade Komaruddin (25 persen).

4. Syahrul Yasin Limpo (20 persen)

5. Idrus Marham (19,04 persen)

6. Azis Syamsuddin (17,6 persen)

7. Airlangga Hartanto (12,6 persen)

8. Indra Bambang Utoyo (11,2 persen)

9. Zaki Iskandar (9,4 persen)

10. Mahyuddin (8,4 persen).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement