Senin 19 Aug 2024 21:32 WIB

Datangi DPP, Bahlil Lahadalia Resmi Daftar Jadi Ketum Golkar

Saya adalah anak kandung yang dilahirkan dari rahim Partai Golkar.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mendaftar sebagai ketua umum DPP Partai Golkar.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mendaftar sebagai ketua umum DPP Partai Golkar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri ESDM Bahlil Lahadalia resmi mendaftar calon ketua umum DPP Partai Golkar, Senin (19/8/2024). Bahlil mengeklaim didukung oleh 469 dari 558 pemilik suara dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar yang akan digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusag pada Selasa (20/8/2024).

Selain Bahlil, steering committee gelaran munaslub juga menerima pendaftaran dari anggota Dewan Pakar Partai GolkarmRidwan Hisyam. Bahlil menyampaikan, ada dua alasan penting mengapa dirinya maju dalam bursa caketum Partai Golkar.

Baca Juga

Pertama, kata Bahli, adalah alasan pribadi. Dia bercerita, sekitar 10 tahun lalu pernah mengucap janji untuk menjadi ketua umum Partai Golkar. "Saya menuntaskan ikhtiar saya. Kurang lebih 10 tahun, empat bulan lalu, saya pernah menyampaikan, kalau ada kompetisi yang dibuka Partai Golkar (untuk posisi ketua umum) maka saya akan ikut," ucap Bahlil usai mendaftar di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin malam WIB. 

Janji satu dekade lalu, kata Bahlil, baru dapat diupayakan saat ini melalui jalur resmi pendaftaran caketum. "Saya menuntutaskan ikhtiar saya dengan ikut kompetisi sesuai dengan aturan," kata mantan ketua umum Hipmi tersebut.

Alasan kedua, menurut Bahlil, perihal utang budi. Bahlil mengaku, karier politik yang mengantarkannya sebagai menteri di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) tentu atas jasa dari Partai Golkar. Menurut Bahlil, berkat Golkar, ia harus membayar dengan membawa partai Pohon Beringin itu menjadi lebih besar dan lebih baik daripada sekarang. 

"Saya adalah anak kandung yang dilahirkan dari rahim Partai Golkar. Dan saya akan kembali ke Partai Golkar yang melahirkan saya," ujar Bahlil.

Politikus asal Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat itu menegaskan, banyak yang menuding dirinya bukanlah kader Golkar. Padahal, Bahlil menegaskan, sudah lama merupakan kader Golkar yang pernah menjadi pengurus partai di Papua. Bahlil mengakui, meskipun tak pernah menjadi pengurus di tingkat DPP, namun karier politiknya dibangun dari bawah bersama-sama Golkar.

Partai Golkar akan menggelar Munaslub di JCC pada Selasa (20/8/2024) dan Rabu (21/8/2024). Munaslub merupakan forum tertinggi partai untuk memilih ketua umum periode 2024-2029, untuk menggantikan Airlangga Hartarto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement