Senin 29 Feb 2016 17:08 WIB

Pemkab Bandung Barat Bakal Cetak Sawah 600 Hektare

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Friska Yolanda
Sawah
Foto: Imam Budi Utomo/Republika
Sawah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan mencetak sawah baru untuk meningkatkan produksi padi. rencananya, 600 hektare sawah baru akan disiapkan pada 2017.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan KBB Ida Nurhamida menuturkan, saat ini sudah ada sebagian hasil survei untuk pencetakan sawah baru. Berdasarkan hasil tersebut, ada lahan seluas 100 hektare di Kecamatan Gunung Halu yang layak digarap. 

Menurut Ida, wilayah Gunung Halu memiliki prospek yang baik untuk dibuat sawah. Sebab, masih banyak lahan menganggur di daerah itu.

“Di Gunung Halu ini potensi untuk penanaman padinya cukup besar,” ujar dia, Senin (29/2).

Lokasi sawah baru di Gunung Halu akan dipusatkan di Desa Bunijaya dan Sirnajaya dengan masing-masing 50 hektare. Pencetakan sawah baru di kecamatan yang berada di selatan KBB ini diyakini akan menambah laju produksi padi KBB.

Tak hanya Gunung Halu, pencetakan sawah juga akan dilakukan di kecamatan lain, seperti Cipatat, Cililin, Cipeundeuy, Saguling, Cipongkor, dan Rongga. Pencetakan sawah baru di seluruh kecamatan tersebut seluas 500 hektare.

Untuk itu, dalam waktu dekat, survei dan kajian teknis akan berlanjut ke enam kecamatan itu.

Tahun ini, selain menyurvei lokasi yang potensial untuk dicetak sawah baru, pihaknya juga tengah fokus untuk membuat infrastruktur pertanian, seperti irigasi di Cidadap Kecamatan Gunung Halu. Irigasi berfungsi untuk mengairi lahan pertanian di wilayah selatan KBB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement